Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Banjir Semarang Rendam 33 Rumah, Tinggi Air Capai 200 Cm

33 rumah dan 120 jiwa terdampak meluapnya Sungai Pengkol, Kota Semarang. suaratani.com – bpbd semarang 

SuaraTani.com – Jakarta|  Hujan dengan intensitas tinggi disertai banjir kiriman dari wilayah hulu mengakibatkan Sungai Pengkol, Kota Semarang, meluap,Minggu (17/1/2021) sekira pukul 17.00 WIB. 

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, meluapnya sungai berdampak pada Kecamatan Tembalang dan Kelurahan Meteseh yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta kerap dilanda banjir saat Sungai Pengkol meluap.

Pusat Pengendalian Operasi BPBD Semarang melaporkan, kurang lebih 33 unit rumah dan 120 jiwa terdampak dengan Tinggi Muka Air (TMA) rata-rata 200 cm. 

“Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang masih melakukan pendataan terhadap jumlah warga yang harus mengungsi,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr Raditya Jati dalam keterangan persnya, Senin (18/1/2021), di Jakarta.

Kondisi di lokasi banjir saat ini, kata Raditya, telah berangsur surut, sementara tim BPBD Kota Semarang melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penangan dampak meluapnya sungai Pengkol.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Provinsi Jawa Tengah berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir.

Untuk itu, BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga di tengah musim hujan yang akan terjadi di sejumlah wilayah hingga Februari 2021. 

Masyarakat dapat memantau informasi prakiraan cuaca melalui BMKG serta memeriksa potensi bencana di sekitar wilayah melalui InaRisk.* (jasmin)