Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Hujan Lebat, 185 Rumah Warga di Briem Bayeun Terendam Banjir

Sebanyak 505 jiwa terdampak banjir akibat meluapnya sungai di Kecamatan Briem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh akibat hujan lebat yang terjadi pada Rabu (20/1/2021) pukul 08.30 WIB. suaratani.com – bpbd aceh timur 


SuaraTani.com – Medan|  Sebanyak 505 jiwa terdampak meluapnya sungai di Kecamatan Briem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh akibat hujan lebat yang terjadi pada Rabu (20/1/2021) sekira pukul 08.30 WIB. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur melaporkan, tinggi mata air berkisar antara 20 - 80 centimeter yang berdampak pada tiga desa, yakni Desa Alur Nyamuk, Desa Paya Bili Satu, dan Desa Paya Bili Dua di Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur. 

“Adapun kerugian materil tercatat kurang lebih 185 unit rumah warga terendam. BPBD Kabupaten Aceh Timur mencatat 40 warganya diharuskan mengungsi,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr Raditya Jati, dalam keterangan persnya, Rabu (20/1/2021) di Jakarta.

Dikatakannya, saat ini, BPBD Kabupaten Aceh Timur melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan instansi terkait dalam melakukan evakuasi dan penanganan pascabanjir. 

Menurut pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Timur, berpotensi mengalami hujan ringan sampai sedang hingga tiga hari kedepan. 

“BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang akan terjadi sejumlah wilayah hingga akhir Februari 2021,” tutup Raditya. * (jasmin)