Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Cabai Merah Petani Mulai Turun, Rp22.000 Per Kg

 


Seorang petani memanen tanaman cabai merah miliknya di Dusun Cilacap Desa Sidodadi-Ramunia, Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang. Saat ini harga cabai merah di tingkat petani dikisaran Rp22.000 per kg. suaratani.com-ika 

SuaraTani.com-Medan| Panen cabai merah yang mulai memasuki masa panen raya di Kabupaten Deliserdang mulai berpengaruh terhadap harga jual cabai merah di tingkat petani. 

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Juli Tani yang berada di Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin, Yareli mengatakan, saat ini harga jual cabai merah di tingkat petani di kisaran Rp22.000 per kilogram (kg). Padahal idealnya menurut Yareli, harga jual di tingkat petani itu di kisaran Rp25.000 per kg. 

“Ini sepertinya dipengaruhi limpahan pasokan cabai merah, karena kami sekarang sudah mulai masuk masa panen raya,” ujarnya ketika dihubungi lewat pesan singkat, Jumat (26/2/2021). 

Sebelumnya, M Sofian, yang merupakan Ketua Poktan Sadar Tani yang juga berada di Desa Sidodadi Ramunia mengatakan, harga jual cabai merah di tingkat petani sempat menyentuh angka Rp25.000 per kg. Tetapi seiring makin banyaknya lahan yang dipanen, harga pun mulai disesuaikan.

“Terakhir sih cabai kami dibeli di harga Rp23.000 per kg,” kata Sofian. 

Sementara itu, dari pantauan harga di sejumlah pasar tradisonal, cabai merah di jual di angka Rp30.000 per kg. 

Harga jual ini menurut Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumut, Gunawan Benjamin sudah mengalami penurunan sekitar 5,6%.

“Ini kalau kita bandingkan harga jual cabai merah di bulan Februari ke bulan Januari yah,” katanya lewat pesan singkat. 

Dengan penurunan harga  cabai merah ini, Sumut diprediksi akan mengalami deflasi di bulan Februari. * (ika)