Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang Akhir Pekan, IHSG Memerah

Ilustrasi. Jelang penutupan perdagangan pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tidak menunjukan kinerja positif. Di sesi pembukaan, IHSG turun tipis ke level 6.196,90, dan sejauh ini masih bertahan di zona merah. suaratani.com - ist

SuaraTani.com - Medan| Jelang penutupan perdagangan pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tidak menunjukan kinerja positif. Di sesi pembukaan, IHSG turun tipis ke level 6.196,90, dan sejauh ini masih bertahan di zona merah. 

Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin mengatakan,  pelemahan kinerja IHSG sedikit banyak dipengaruhi kinerja indeks bursa saham di Amerika Serikat (AS) yang memburuk pada perdagangan sebelumnya. Data ekonomi AS yang memburuk menjadi pemicu pelemahannya. 

"Dengan kondisi ini, saya menyarankan pelaku pasar untuk mewaspadai jika IHSG turun di bawah 6.170, karena potensi tekanannya cukup besar bila menembus level tersebut," kata Gunawan di Medan, Jumat (19/2/2021). 

Seirama dengan IHSG, kinerja mata uang Rupiah juga melemah di kisaran level 14.070 per US Dolar. Meski demikian, Gunawan optimis Rupiah masih akan tertahan di kisaran 14.100, kalau nantinya tekanan pada Rupiah terus berlanjut. 

"Tetapi memang pasar keuangan di akhir pekan sepertinya tidak akan sebaik perdagangan selama sepekan terakhir," tutupnya. * (ika)