Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pasar Keuangan Ditutup Naik

 

Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin. suaratani.com - dok

SuaraTani.com– Medan| Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat dengan naik 0,77% di level 6.270,32 pada perdagangan hari ini. Penguatan kinerja IHSG terjadi saat memang tidak ada tekanan yang signifikan. 

“Grafik kinerja IHSG selama sesi perdagangan bergerak terus ke atas sejak dibuka hingga sesi penutupan perdagangan berakhir. Pelaku pasar masih merasa nyaman dengan sentimen yang berkembang belakangan ini,” kata Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin, Senin (15/2/2021), di Medan.

Sementara itu, kinerja mata uang rupiah, kata Gunawan, juga membaik pada penutupan perdagangan hari ini. Rupiah diperdagangkan menguat di level 13.910 per US Dolar. Dimana laju penguatan Rupiah terus terjadi meskipun belum merealisasikan angka yang signifikan.

Dikatakannya, baik Rupiah dan IHSG yang menguat pada hari ini, diperkirakan keduanya akan berkonsolidasi sementara. Rupiah akan berkonsolidasi dikisaran 13.900 dan IHSG akan berkonsolidasi di bawah 6.300. 

“Kinerja pasar keuangan ke depan diyakini akan berada dalam rentang angka yang tipis, dan tidak akan banyak bergerak dari posisi sebelumnya,” ujar Gunawan.

Penguatan pasar keuangan ini  menurut Gunawan, baru akan terjadi saat ada  sentimen yang benar-benar mendorong penguatan pasar keuangan lebih jauh. 

“Dan saya meyakini bahwa untuk sementara ini, pasar keuangan akan bergerak dalam rentang angka yang terbatas dan cenderung bertahan di zona hijau,” tutupnya. * (ika)