Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Rupiah dan IHSG Bertahan Menguat

Ilustrasi. Seorang pria mengamati pergerakan saham dari laptop. Pagi ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat di level 6.291,01. Begitupun, IHSG diperkirakan akan tertahan di level psikologis 6.200. suaratani,com - dok

SuaraTani.com-Medan| Tren positif kinerja pasar saham masih terus berlanjut hingga perdagangan hari ini. Dimana Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat di level 6.291,01. Begitupun, IHSG diperkirakan akan tertahan di level psikologis 6.200. 

“Secara teknikal, sulit bagi IHSG untuk menembus level tersebut pada perdagangan hari ini. Dan IHSG justru berpeluang akan berkonsolidasi terlebih dahulu di kisaran level tersebut,” kata Analis Keuangan Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin, Selasa (16/2/2021), di Medan.

Sementara itu, lanjut Gunawan, kinerja mata uang Rupiah terus mengalami penguatan. Rupiah mampu menembus level 13.900. Dimana Rupiah menguat di level 13.880 pada perdagangan hari ini. 

Ia mengatakan, pelaku pasar tengah menanti kebijakan apa yang akan diambil Bank Indonesia dalam menetapkan arah suku bunga acuannya.

"Sejauh ini saya menilai apa yang menjadi fokus perhatian pasar ke depan adalah potensi penurunan suku bunga acuan,  meksipun belum bisa digaransi 100% adanya potensi penurunan tersebut," kata Gunawan.

Hanya saja kata Gunawan, akselerasi pertumbuhan ekonomi yang dibutuhkan saat ini memungkinkan adanya penurunan suku bunga acuan, sekalipun tetap dibarengi dengan catatan, dimana potensi risiko penurunan suku bunga acuan tetap ada di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini. 

"Dan sejauh ini, Menteri Keuangan juga telah melakukan revisi target pertumbuhan ekonomi di tahun 2021, menjadi di kisaran 4,5%-5,3%," pungkasnya. * (ika)