Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Taput Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur pada Musrembang RKPD

Bupati Taput, Nikson Nababan berfoto bersama dengan Kadis Pemuda dan Olahraga Sumut, Ardan Nur. suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan memimpin Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022, di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Tarutung, Rabu (31/3/2021).

Musrembang tersebut dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Ardan Nur.

Musrenbang RKPD yang dihadiri beberapa pimpinan Perangkat Daerah Provsu juga dihadiri Dandim 0210/TU Lerkol Rony Agus Widodo, Wakil Ketua DPRD Taput Fatimah Hutabarat,  Kapolres Taput AKBP Muhammad Saleh, Ketua Pengadilan Negeri Golom Silitonga, Sekretaris Daerah Kabupaten Taput Indra Simaremare, para pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Taput  serta beberapa stakeholder.

"Kita tetap bersyukur karena pertumbuhan ekonomi Tapanuli Utara termasuk membanggakan karena masih diangka positif walaupun di tengah masa pandemi covid-19 saat ini. Pertumbuhan ekonomi Taput salah satu yang tertinggi yaitu pada angka 1,50%,” kata Bupati. 

Terkait rencana pembangunan yang dilaksanakan,  infrastruktur jalan dan jembatan masih merupakan fokus primer Pemkab Taput untuk tahun 2022. 

“Ini masih sebagai skala prioritas sampai akhir masa priode saya, sehingga interkoneksi daerah dapat terwujud termasuk lokasi sentra pertanian dan perikanan, pembangunan irigasi juga masih dibutuhkan untuk mendukung program pertanian padi pola IP2," ucap Nikson.

Dikatakannya, Pemkab Taput juga telah menyampaikan berbagai usulan kepada Pemerintah Pusat terkait usulan dana alokasi khusus (DAK). Untuk  itu pihaknya berharap dukungan dan sinergitas dengan Provinsi Sumut  sebagai Pemerintah Atasan tetap berjalan dengan baik sehingga usulan tersebut dapat terealisasi secepatnya.

Bupati Taput menyampaikan berbagai program pembangunan lainnya yang membutuhkan perhatian Pemerintah Atasan termasuk dukungan anggaran terutama dalam program pembinaan UMKM dan bantuan bagi para petani dan peternak seperti ternak babi yang tahan terhadap virus corela.

"Kita sedang giatnya untuk pengembangan segala potensi yang ada di Tapanuli Utara, terutama untuk pengembangan UMKM lokal. Salah satunya kami berharap  Pemerintah Povinsi turut mendukung dalam pengurusan akte para UMKM kita. Selain itu, berbagai bantuan yang akan diberikan melalui APBD Provsu hendaknya tetap berkoordinasi dan bersinergi dengan kami sehingga bantuan tersebut lebih tepat sasaran dan sesuai dengan skala prioritas kita," jelasnya Nikson.

Bupati juga kembali mengingatkan agar jajarannya tetap melakukan peningkatan kinerja termasuk dalam hal pelaporan.

"Kita tetap upayakan agar kinerja seluruh perangkat daerah dapat dicapai tanpa melulu berharap dari APBD Kabupaten saja tetapi bisa mengupayakan dari anggaran Pemerintah Atasan, baik itu Provinsi maupun Pemerintah Pusat melalui Kementeriannya,” terangnya. 

Dalam sambutan Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi yang dibacakan  Kadis Pemuda dan Olahraga Provsu menyampaikan apresiasi atas berbagai usulan Pemkab Taput dalam upaya pencapaian visi dan misi.

"Kondisi pandemi saat ini memaksa kita semua untuk fokus pada penanganan covid-19 sehingga anggaran semakin terbatas untuk pembangunan fisik dan non fisik. Forum Musrenbang ini memiliki makna penting dan strategis mengingat  sebagai penjabaran visi misi dan juga berdasarkan hasil evaluasi serta perkembangan ekonomi sosial," ujar Kadispora Provsu Ardan Nur.

Laporan Kepala Bappeda Taput, Luhut Aritonang menjelaskan bahwa kegiatan Musrembang RKPD ini dilaksanakan selama dua hari termasuk dengan pelaksanaan Paparan/Diskusi Panel oleh beberapa Dinas Provsu dan pelaksanaan Desk.* (darwin nainggolan)