Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Lewat Demplot, Petrokimia Gresik Geliatkan Kembali Ekspor Melati Kabupaten Tegal

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo (tengah) bersama jajarannya dan petani melakukan panen tanaman bunga melati pada lahan demonstration plot (demplot) aplikasi pupuk non-subsidi NPK Phonska Plus seluas 150 hektare di Desa Maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jumat (19/3/2021). suaratani.com - ist
 

SuaraTani.com – Tegal| Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia menggelar panen tanaman bunga melati pada lahan demonstration plot (demplot) aplikasi pupuk non-subsidi NPK Phonska Plus seluas 150 hektare di Desa Maribaya, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jumat (19/3/2021).

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menjelaskan,  demplot ini merupakan upaya Petrokimia Gresik untuk menggeliatkan kembali ekspor bunga melati dari Kabupaten Tegal yang sempat terganggu akibat wabah Covid-19 pada tahun 2020. 

Demplot ini juga menjadi bentuk dukungan Petrokimia Gresik kepada Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia yang mendorong peningkatan ekspor bunga dengan nama Latin Jasminum Sambac ini.

“Ekspor ini akan menambah devisa negara serta meningkatkan kesejahteraan petani,” jelas Dwi Satriyo, dalam siaran pers yang diterima SuaraTani.com, Senin (22/3/2021).

Berdasarkan data yang pernah dirilis Badan Karantina Pertanian, ekspor melati dari Provinsi Jawa Tengah selama satu semester sebelum pandemi Covid-19 bisa mencapai Rp200,55 miliar. 

Komoditas ini diekspor ke beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan Arab Saudi untuk kebutuhan sembahyang atau campuran dalam minuman karena memiliki aroma yang baik untuk penyegar.

Sedangkan Kabupaten Tegal mampu menghasilkan 3.201 ton melati per bulan. Dari jumlah tersebut, 110 ton diekspor.

Untuk itu, Dwi Satriyo mengungkapkan bahwa Petrokimia Gresik melihat budidaya melati sebagai ceruk pasar yang sangat potensial untuk digarap. Karena Petrokimia Gresik memiliki produk inovatif yang dapat meningkatkan produktivitas budidaya melati, yaitu NPK Phonska Plus.

“Ini juga menjadi komitmen Petrokimia Gresik sebagai perusahaan Solusi Agroindustri serta upaya menjadi market leader dan dominant player,” ujar Dwi Satriyo.

Phonska Plus mengadung unsur hara makro Nitrogen (N), Fosfor (P2O5), dan Kalium (K2O) masing-masing 15%, serta unsur hara Sulfur (S) 9% dan Zink 2.000 part per million (ppm). Pupuk ini mampu mendorong produktivitas tanaman bunga melati hingga 30 kilogram per hektare.

Adapun dosis pemupukan yang digunakan dalam demplot adalah Phonska Plus sebanyak 25 kilogram,  Urea 10 kilogram, dan Petroganik 10 kilogram untuk setiap hektare lahan. Dosis pemupukan ini dilakukan selama  enam kali dalam setahun. 

Dwi Satriyo berharap, demplot ini diadopsi oleh pembudidaya tanaman melati lain untuk peningkatan produktivitas dan peningkatan ekspor.

"Melalui kegiatan ini kami juga mengajak seluruh petani untuk menerapkan pemupukan berimbang dengan mengombinasikan pupuk organik dan pupuk anorganik sesuai dosis yang dianjurkan. Ini sebagai dukungan kami untuk membangun pertanian Indonesia yang berkelanjutan," jelas Dwi Satriyo.

Petrokimia Gresik mengawali demplot ini dengan pengujian tanah oleh mobil uji tanah. Setelah itu petugas agronomis memberikan rekomendasi pemupukan yang berimbang dan presisi kepada petani.

Sementara itu, sebagai komitmen menjaga ketahanan pangan nasional, Dwi Satriyo juga melakukan blusukan dan menyapa petani untuk menjaring aspirasi petani di Kabupaten Tegal. Selain itu juga mengunjungi distributor dan kios, serta menggelar One Day Promotion untuk memastikan ketersediaan pupuk petani tercukupi, baik subsidi maupun komersial. 

Seperti diketahui Kabupaten Tegal memiliki 38 ribu hektare lahan pertanian. Sekitar 82% diantaranya diairi dengan sistem irigasi. Inilah yang menjadikan Tegal sebagai lumbung padi nasional. * (junita sianturi)