Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Polbangtan Kirim Mahasiswa Dampingi Petani di Food Estate Humbahas

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, Senin (22/3/2021). suaratani.com - junita sianturi
 

SuaraTani.com – Medan| Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Medan mengirimkan 69 mahasiswa ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 

Pengiriman mahasiswa dari jurusan pertanian tersebut merupakan tahap kedua setelah pengiriman tahap pertama pada bulan September hingga Deseber 2020 lalu. Pengiriman para mahasiwa Polbangtan Medan ini juga sekaligus  mewujudkan program 'merdeka belajar'.

"Mereka mendampingi kelompok-kelompok tani di kawasan lumbung pangan atau food estate di Humbahas," kata Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini, kepada wartawan, Senin (22/3/2021) di ruang kerjanya.

Yuliana menjelaskan, sebelum dikirim ke food estate di Humbahas, para mahasiswa ini terlebih dahulu dibekali berbagai pelatihan khusus oleh dosen mereka. Pelaihan ini akan menjadi bekal mereka untuk langsung diterapkan dalam membantu kelompok-kelompok tani dalam mensukseskan food estate.

"Artinya, mereka langsung belajar di sana. Kita menilai kegiatan di sana sebagai bagian dari kuliah. Selama 6 bulan itu setara dengan 21 SKS mata kuliah yang mereka selesaikan," ungkapnya.

Selain mewujudkan program 'merdeka belajar', pengiriman para mahasiswa semester VI itu menurut Yuliana juga menjalankan penugasan dari Kementerian Pertanian agar Polbangtan Medan berkontribusi terhadap food estate di Humbahas.

"Hal yang sama juga dilakukan oleh Poltbangtan pada food estate di daerah lain. Mereka membantu penyuluh pertanian di sana," pungkasnya. * (junita sianturi)