Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Antisipasi Kenaikan Harga Daging Sapi, KPPU Sidak ke Berbagai Daerah

Kepala Kanwil KPPU I Medan, Ramli Simanjuntak bersama timnya sidak ke feedloter memastikan harga daging sapi dan pasokan aman jelang lebaran tahun 2021.  suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Medan| Menjelang Hari Raya Idulfitri Tahun 2021, Kepala Kantor Wilayah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (Kanwil KPPU) I Medan, Ramli Simanjuntak, melakukan sidak ke berbagai daerah di Sumatera Utara (Sumut), untuk memastikan pasokan dan harga sapi.

Berdasarkan pantauan di kandang feedloter harga di kandang adalah normal dan pasokan cukup. Pasokan di feedloter PT Juang Jaya Abadi yang berlokasi di Talun Kenas Kabupaten Deliserdang terdapat 1.300 ekor sapi dengan berat rata-rata 450 kilogram per ekor. 

Demikian juga pantauan di kandang feedloter lainnya di PT Indofarm  Sukses Makmur dan PT Lembu Andalas, Langkat, pasokan daging sapi cukup hingga Juli 2021. Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir akan pasokan.

"Dari hasil diskusi dengan David Yasin PT Juang Jaya Abadi menyampaikan bahwa di pasar daging sapi segar bersaing dengan daging sapi impor, sehingga hal ini menjadi kendala berkurangnya permintaan pasar dibanding sebelum-sebelumnya. Namun demikian dari feedloter memastikan pasokan aman dan harga terjaga untuk saat ini 48.000 per kilogram," kata Ramli dalam siaran persnya, Kamis (29/4/2021). 

Ia mengatakan, pihaknya memantau ketersediaan pasokan ayam potong dan telur ayam di Deliserdang. Berdasarkan hasil pemantauan, stok ayam dan telur dalam keadaan aman. Ia pun berharap kepada masyarakat agar tidak ‘panic buying’. 

"Kepada pelaku usaha yang membeli sapi dari feedloter dan atau melakukan pemotongan di Rumah Potong Hewan untuk tidak mempermainkan harga jual daging sapi. Apabila terjadi maka KPPU Kanwil I Medan akan segera melakukan tindakan sesuai UU No 5 Tahun 1999," ungkap Ramli. * (rag)