Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Taput Terima Hasil Data Presisi Pulau Sibandang dari LPPM IPB

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan  menerima Pemetaan Data Desa Presisi dari  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB yang diserahkan langsung oleh Kepala LPPM IPB  Ernan Rustiadi di Aula Martua Kantor Bupati Taput, Kamis (29/4/2021). suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan  menerima Pemetaan Data Desa Presisi dari  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB yang diserahkan langsung oleh Kepala LPPM IPB  Ernan Rustiadi di Aula Martua Kantor Bupati Taput, Kamis (29/4/2021). 

Turut mendampingi Bupati, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),  Sekretaris Daerah Kabupaten Taput Indra Simaremare,  para Asisten, Pimpinan OPD, Camat Muara, Kepala Desa Sibandang serta tokoh masyarakat Desa Sibandang. 

Penggagas Data Desa Presisi Dr Sofyan Sjaf, Wakil Kepala LPPM IPB menyampaikan paparan tentang Pemetaan Partisipatif Berbasis Drone (Drone Participatory Mapping) dalam membangun  Data Desa Presisi di Kabupaten Taput, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Pemetaan Data Desa Presisi yang telah dilaksanakan mulai tanggal 10-23 Desember 2020 di Desa Sibandang merupakan data yang tepat pada sasaran. 

Pengambilan data spasial dengan menggunakan Drone, pengolahan data dengan aplikasi Agisoft Photoscan untuk menghasilkan peta Orthophoto sebagai peta kerja dalam melaksanakan sensus. 

Anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka pada kesempatan itu menyampaikan, betapa pentingnya data presisi ini untuk menyajikan data yang akurat sehingga mereka yang layak (masyarakat miskin) menerima bantuan dan program pembangunan yang berkeadilan. 

“Bupati Taput luar biasa sudah memulai data presisi dan juga tim LPPM IPB telah turun langsung ke Pulau Sibandang dan menyajikan data presisi," jelasnya.

Bupati Taput, Nikson Nababan dalam sambutanya mengatakan, hari ini dilaksanakan acara serah terima hasil data desa presisi Desa Sibandang Kecamatan Muara sekaligus mengikuti dialog Pembangunan Daerah berbasis Desa 4.0.

“Taput telah melaksanakan kegiatan data desa presisi berlokasi di Desa Sibandang Kecamatan Muara sebagai lokasi percontohan. Dimana proses pengambilan data desa presisi ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan melalui kolaborasi antara IPB dengan pemerintah Desa Sibandang,"ujarnya. 

Bupati menambahkan, dengan pengolahan data dasar ini, diharapkan masing-masing desa akan mempunyai berbagai data strategis yang dibutuhkan dalam perencanaan pembangunan termasuk data SDGS (Sustainable Development Goals) desa, seperti Data penduduk miskin, data sektor kesehatan (stunting, penderita gizi buruk), desa layak air bersih dan sanitasi, data pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur dan inovasi.

“Terimakasih kepada ibu Reike dan Tim dari LPPM IPB University untuk penyajian data desa presisi ini," tegas Bupati.* (darwin Nainggolan).