Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gempa 6,4 M Guncang Nias Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Pusat gempa dengan magnitudo (M) 6,4 pada Selasa (20/4/2021), pukul 06.58 WIB berada di laut 142 km Barat Daya Nias Barat dengan kedalaman 10 km. suaratani.com - bmkg

SuaraTani.com – Medan| Masyarakat di Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut),  sempat panik dan keluar rumah akibat guncangan gempa dengan kekuatan 6,4 magnitudo (M),  pada Selasa (20/4/2021), pukul 06.58 WIB. 

Berdasarkan laman website Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di laut 142 km Barat Daya Nias Barat dengan kedalaman 10 km.

Berdasarkan pemodelan BMKG, gempa yang berada pada koordinat: 0.21 LU-96.42 BT (142 km Barat Daya Nias Barat - Sumut), tidak memicu terjadinya tsunami.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Barat melaporkan gempa dirasakan cukup kuat selama kurang lebih lima detik.

Sementara itu, BMKG mengidentifikasi peta guncangan dengan skala MMI, sebagai berikut: II – III MMI di Nias Barat, II MMI berada di Aek Godang, Padang Sidempuan, Pariaman, Padang Pariaman, Padang, Pakpak Bharat dan Aceh Singkil. 

Skala Mercalli atau MMI merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Parameter III MMI mendeskripsikan getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

“Kondisi terakhir pasca gempa tersebut sudah kembali kondusif, belum ada informasi adanya kerusakan dan masyarakat telah beraktifitas seperti biasa,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB,  Raditya Jati dalam siaran persnya, Selasa (20/4/2021) di Jakarta.

BNPB, kata Raditya, mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi gempa bumi yang dapat terjadi waktu-waktu. 

“Dalam konteks bahaya gempa bumi, dampak korban jiwa sering terjadi akibat reruntuhan bangunan. Masyarakat dapat mengakses InaRISK untuk mengidentifikasi potensi risiko di sekitar tempat tinggal,” jelasnya. * (desi)