Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang HBKN, KPPU dan Pemprov Sumut Sidak Pasar Tradisional

Kanwil I KPPU bersama dengan Gubernur Sumut , Tim TPID dan Satgas Pangan saat sidak Pasar Sei Sikambing Medan, Kamis (9/4/2021). suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Medan| Kantor Wilayah I Komisi Pengawas Persaingan Usaha (Kanwil KPPU), bersama dengan pemerintah daerah serta Satgas Pangan melakukan sidak di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Kamis (9/4/2021). 

Hal ini dilakukan untuk memastikan harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok penting di Sumatera Utara (Sumut) tetap aman. 

Kepala Kantor Wilayah I KPPU, Ramli Simanjuntak, mengatakan pengecekan harga sembako di pasar tradisional merupakan komitmen dari KPPU dalam menjaga stabilitas harga dan pemenuhan pasokan di Sumut menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). 

Tingginya tingkat konsumsi masyarakat pada bulan-bulan tersebut akan dapat berdampak pada besarnya inflasi secara nasional. Kejadian ini merupakan siklus tahunan yang selalu terjadi. 

“Kita memastikan harga kebutuhan pokok stabil. 

Jika terjadi lonjakan di saat pasokan aman, KPPU siap melakukan penelitian,” jelas Ramli.

Dari hasil pemantauan diketahui sampai dengan hari ini tidak terjadi lonjakan harga pangan yang signifikan. Beberapa bahan pokok yang menjadi fokus saat tim melakukan sidak diantaranya beras Rp11.000 per kg-Rp13.000 kg bawang merah dan bawang putih masih di seputaran Rp27.000-Rp30.000 per kg, daging sapi Rp125.000 per kg. 

Sedangkan komoditi yang sedikit mengalami kenaikan diantaranya adalah daging ayam menjadi Rp30.000 per kg, telur Rp1.500 per butir, selain itu cabai merah memang mengalami kenaikan menjadi Rp42.000-Rp44.000 per kg dari harga sebelumnya sekitar Rp38.000-Rp40.000 per kg. 

"Harga daging dan telur ayam sedikit mengalami kenaikan di mana pasokannya stabil. Tidak ada alasan pedagang untuk menaikkan harga jelang Ramadan dan Idul Fitri 2021, sebab stok bahan pokok masih terpenuhi di pasaran," ungkapnya.

Ramli mengingatkan, jangan manfaatkan momen bulan puasa untuk meraup untung sebesar-besarnya. Kepada masyarakat pun juga agar dapat belanja secara cerdas, belanja secukupnya dan tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahan pokok," ujarnya. 

Pemantauan di pasar tradisional tersebut dilakukan bersama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Tim TPID dan Satgas Pangan di Pasar Sei Sikambing Medan.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi menyampaikan sidak yang dilakukan kali ini adalah salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Sumut untuk memantau ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan pokok menjelang  HBKN Ramadan dan Idul Fitri 2021.* (rag)