Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jurnalis Bina Mandiri Produksi Sabun Tangan Beraroma Eucalyptus

Anggota UKM JBM mengaduk bahan dasar pembuatan sabun tangan (hand soap) berbahan eucalyptus  di Jalan Sei Silau Medan, Minggu (11/4/2021). Eucalyptus diyakini memiliki khasiat mematikan virus corona. suaratani.com-ist

SuaraTani.com-Medan| Pandemi Covid-19 yang sudah melanda dunia termasuk di Provinsi Sumatera Utara (Sumut)  sejak setahun terakhir ternyata memunculkan jiwa enterpreneur di kalangan jurnalis Kota Medan. 

Sejumlah jurnalis yang sehari-seharinya rutin berinteraksi saat menjalankan kerja jurnalistiknya pun bersepakat membentuk sebuah wadah berbasiskan usaha kecil mikro (UKM). 

Wadah tersebut dinamakan UKM Jurnalis Bina Mandiri atau UKM JBM, yang beranggota para jurnalis baik dari media cetak, elektronik maupun online. 

Penggagas UKM JBM Fakhrudin Pohan bercerita, terbentuknya wadah UKM Jurnalis Bina Mandiri berawal dari fenomena pandemi Covid-19 yang makin hari makin mengganas hingga menelan korban jiwa, dan kerap menjadi headline di media. 

"Melihat pemberitaan pandemi yang boombastis dari media membuat UKM Jurnalis terketuk, untuk mencari alternatif pencegahan wabah virus mematikan itu. Inilah yang membuat kami sebagai jurnalis terpanggil ingin berbuat untuk negeri," ucap  Fakhruddin di Medan, Minggu (11/4/2021). 

Kocu panggilan akrab Fahkrudin kemudian mengajak sejumlah jurnalis lainnya seperti Harizal, Juli Simanjuntak, Husni Lubis, Jonris Purba, Haslan Tambunan, Junita Sianturi, Suwardi Sinaga, Evalisa Siregar, dan lainnya untuk bergabung membesarkan UKM JBM. 

Tak lama setelah terbentuk, pengurus UKM JBM yang masih aktif menulis kemudian membaca adanya penelitian yang dilakukan Kementerian Pertanian yang menyebutkan, Eucalyptus bisa menjadi anti virus Corona. 

Uji potensi eucalyptus sebagai antivirus dilakukan dengan tahapan telusur ilmiah dan uji invitro. Pengujian menggunakan beberapa konsentrasi dari berbagai jenis virus, seperti virus influenza dan jenis virus corona lainnya. 

Kabar gembira itu 'ditangkap' oleh UKM Jurnalis Bina Mandiri, yang ingin menghasilkan satu produk berbahan dasar Eucalyptus. Apalagi Eucalyptus merupakan tanaman pohon yang tumbuh subur di dataran tinggi wilayah Sumatera Utara (Sumut). Dan secara khusus dibudidayakan PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) di sejumlah kabupaten/kota di Sumut. 

"Niat untuk menghasilkan satu produk itu mendorong kami mengajak managemen TPL untuk berbagi informasi tentang manfaat euca, dan syukurnya niat kami itu disambut baik perusahaan," kata Harizal yang diberi tanggung jawab sebagai sekretaris UKM. 

Dari kesamaan niat itu, komunikasi intens kemudian dijalin pengurus UKM dengan managemen TPL yang diwakili Manager Corporate Communication, Norma Hutajulu tentang bagaimana bisa ambil peran penting dalam pencegahan virus corona. 

"Disepakati antara UKM Jurnalis dan TPL untuk melakukan penanaman bibit Eucalyptus di berbagai wilayah. Sebagai percontohannya dilakukan di Medan," sambung Kocu. 

Tak hanya melakukan penanaman bibit Eucalyptus, daun Eucalyptus yang telah diekstrak mengandung minyak atsiri. Minyak tersebut cukup berkhasiat jika dijadikan bahan handnitizer, sebagai pembersih tangan. 

Langkah kreatif UKM Jurnalis tak hanya sampai disitu saja. Minyak atsiri Eucalyptus kini diolah menjadi bahan pembuatan sabun. 

"UKM Jurnalis akan membuat sabun cair maupun padat beraromakan Eucalyptus," ungkap Harizal. 

Gagasan pembuatan sabun cair dan padat yang sedang diproduksi UKM Jurnalis telah mendapatkan orderan dari perusahaan pulp, TPL. 

"Kita (UKM Jurnalis) telah mendapatkan orderan ribuan botol sabun cair Eucalyptus dari TPL. Produksi sedang berjalan. Dan akan segera didistribusikan ke TPL sesuai orderan di bulan April ini," tambah Kocu lagi. 

Ke depan, UKM Jurnalis Bina Mandiri akan memproduksi sabun padat Eucalyptus yang dapat digunakan sebagai sabun mandi atau body soap. 

Dihubungi terpisah, Manager Coorporate Communication TPL, Norma Hutajulu membenarkan bahwa  TPL telah mengorder ribuan botol sabun cair beraromakan eucalyptus pada UKM Jurnalis. 

"Perusahaan sangat menyambut baik kreatifitas UKM Jurnalis yang selalu berinovasi di masa pandemi ini. Dengan keterlibatan UKM Jurnalis secara langsung membantu pemerintah mengedukasi serta melakukan upaya preventif (pencegahan), TPL pasti mengapresiasinya. Mudahan-mudahan orderan ini akan tetap berlanjut dan bertambah," tutup Norma. * (ika/ril)