Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Petrokimia Gresik Salurkan 1.000 Paket Sembako untuk Korban Gempa Bumi Malang

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo (kemeja putih) menyerahkan secara simbolis bantuan berupa 1.000 paket sembako untuk korban Gempa Malang, kepada Bupati Malang, Sanusi, Minggu (11/4/2021). suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Malang| Petrokimia Gresik selaku Koordinator Satgas Tanggap Bencana BUMN Jawa Timur (Jatim) menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa 1.000 paket sembako untuk korban Gempa Malang, melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Minggu (11/4/2021).

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo, menjelaskan bahwa gempa Malang berkekuatan 6,1 SR ini telah menyebabkan aktivitas perekonomian warga terhenti, sehingga para korban bencana membutuhkan bantuan cepat. 

"Untuk itu melalui program CSR “Petrokimia Gresik Peduli & Berbagi” ini, kami ingin membantu meringankan beban para korban sekaligus upaya pemulihan kondisi pasca bencana," ujar Dwi Satriyo.

Adapun masing-masing paket sembako berisi beras 5 kg, minyak goreng  1 liter, gula  1 kg, dan mie instan 3 bungkus. Bantuan CSR ini diserahkan melalui Pemkab setempat untuk selanjutnya didistribusikan kepada korban di beberapa wilayah.

“Meskipun wilayah operasional perusahaan berada di Gresik, kami sangat prihatin dengan apa yang dialami korban bencana gempa bumi di Malang dan sekitarnya," ujar Dwi Satriyo.

Seperti diketahui, guncangan gempa bumi Kabupaten Malang yang terjadi pada Sabtu siang tidak hanya dirasakan di Jawa Timur dan sekitarnya, tetapi juga di sejumlah wilayah seperti Yogyakarta hingga Bali dan Lombok. 

Pusat gempa bumi berada di laut pada jarak 96 km ke arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang di kedalaman 80 km. Meskipun gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami, namun telah menimbulkan kerusakan bangunan di beberapa daerah.

"Semoga bantuan yang kami berikan ini dapat meringankan beban para korban, dan kami berharap kondisi segera pulih," jelasnya.

Action Plan

Di sisi lain, Petrokimia Gresik selaku Koordinator Satgas Tanggap Bencana BUMN Jatim gerak cepat (gercep) menyusun action plan untuk penanganan bencana gempa Malang. 

Dwi Satriyo menjelaskan bahwa langkah siaga ini dilakukan agar penanganan bencana dapat langsung terlaksana di lapangan dan proses pemulihan juga dapat segera diselesaikan.

Adapun  enam action plan yang akan dilaksanakan Satgas BUMN, antara lain mengirimkan tim medis; membuat posko dan relawan; mengirimkan bantuan (sembako, obat-obatan, dan kebutuhan  darurat); membantu perbaikan fasilitas umum yang mengalami kerusakan materiil; koordinasi dengan tim CSR seluruh BUMN Jawa Timur untuk konsolidasi bantuan; dan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Kami telah berkoordinasi dengan seluruh BUMN yang tergabung dalam Satgas BUMN Jatim dan siap membantu pemerintah dalam penanganan bencana Gempa Malang. Kami berharap para korban tetap optimis,” jelas Dwi Satriyo.

Dwi Satriyo memastikan seluruh gudang pupuk dan kios resmi yang berada di wilayah Malang tidak terdampak bencana, sehingga operasional distribusi dan penyaluran pupuk bersubsidi dipastikan tetap berjalan lancar. * (junita sianturi)