Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Puluhan Kaum Perempuan Tarutung Ikuti Pelatihan Kerajinan Berbahan Ulos

Foto bersama usai penutupan kegiatan pelatihan kerajinan kaum perempuan berbasis ulos. JUmat (23/4/2021). suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Puluhan kaum perempuan dari berbagai desa se Kecamatan Tarutung mengikuti pelatihan industri kecil dan menengah (IKM) berbasis ulos, selama tiga hari sejak 21-23 April 2021 di Sekretariat  DPD II Partai Golkar di Jalan DI Panjaitan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Ketua DPD II Partai Golkar Taput, FL Fernando Simanjuntak mengatakan, pelatihan ini terlaksanakan atas prakarsa  Lamhot Sinaga yang merupakan anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Golkar bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian RI.

“Kepedulian Pak Lamhot itu disambut baik oleh kader-kader Partai Golkar dengan memberikan fasilitas tempat dan tenaga," ujarnya, Jumat (23/4/2021).

Feranando menjelaskan, walau pelatihan ini berskala kecil namun diharapkan mampu menumbuhkan motivasi kepada para perajin untuk semakin kreatif dengan memanfaatkan potensi budaya sebagai basis produksi.

“Inilah salah satu bentuk kepedulian Partai Golkar guna meningkatkan perekonomian masyarakat sebagai wujud partisipasi dalam pembangunan khususnya di Taput  pada masa pandemi Covid-19 ini,” terangnya.

Fernando juga berharap agar pembinaan ini dapat menjadi sebuah usaha yang berorientasi ke pasar nasional dan internasional dan dapat mendukung program pemerintah di sektor pariwisata.

Kepada para perajin ulos yang ada di Taput, Fernando berharap, tetap semangat walaupun masa  Covid-19 masih belum berkahir.

Kementerian Perindustrian dan Dirjen IKM yang diwakili Kasubdit KSKI H Jenih mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi keuletan dan ketangkasan para peserta pelatihan. 

“Pelatihan ini merupakan bahagian program Kementerian Perindustrian dan Dirjen IKM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di setiap wilayah secara khusus di Kabupaten Tapanuli Utara,” kata Jenih.

Sayap Partai Golkar Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Taput yang turut sebagai kordinator pelaksana pelatihan, Hetty Hutauruk menyebutkan, pelatihan ini diikuti puluhan orang kaum perempuan yang dilatih secara kreatif untuk membuat berbagai barang dengan bahan baku ulos. Jenis barang yang diproduksi yaitu masker, tas dan dompet. 

“Seluruh peserta sangat antusias dan juga berharap pelatihan ini  berkesinambungan. Kami mengucapan terima kasih banyak kepada Ketua DPP, Lamhot Sinaga yang selalu memberikan perhatiannya pada masyarakat Tapanuli Utara," ungkap Hetty.* (darwin nainggolan)