Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Vaksinasi Drive Thru, Pemko Medan Siapkan 60.000 Dosis Vaksin Covid-19

Seorang warga menerima suntikan vaksin Covid-19 di dalam mobil yang dikendarainya. Mulai hari ini, Rabu (7/4/2021), warga Kota Medan terutama lansia dan satu orang pendamping bisa memanfaatkan layanan vaksinasi Covid-19 secara drive thru di Lanud Soewondo. suaratani.com-ika

SuaraTani.com - Medan| Upaya Pemerintah mencapai herd immunity dengan program vaksinasi massal terus digenjot. Mulai hari ini, Rabu (7/4/2021), warga Kota Medan bisa memanfaatkan program vaksinasi massal yang digelar Pemko Medan bekerja sama dengan Halodoc dan Gojek. 

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat untuk mensukseskan vaksinasi massal yang difokuskan pada lansia ini. Ditargetkan per hari ada 1.000 hingga 1.500 orang per harinya yang mendapatkan vaksin.

"Padahal untuk kegiatan kali ini, kami baru berkoordinasi dalam waktu lima hari, itu pun dalam pertemuan secara virtual. Jadi, saya berterima kasih kepada semua pihak, terutama juga pada pihak Lanud Soewondo yang telah memberi tempat," ujar Bobby usai meresmikan vaksinasi massal.

Dikatakan Bobby, jumlah vaksinasi yang disediakan Pemko Medan ada sebanyak 60.000 dosis. Sehingga bila satu hari target 1.000 vaksin maka bisa sampai 60 hari terlaksananya vaksin melalui sistem drive thru ini.

"Kemungkinan juga bisa 1.500 per hari kalau kita melihat kapasitas tempat yang diberikan saat ini. Dan, sekali lagi saya ucapkan ini guna mempercepat vaksinasi di Kota Medan yang memang menjadi program prioritas Pemko Medan," katanya. 

Ditemui di tempat yang sama, CEO & Co-Founder Halodoc, Jonathan Sudharta mengatakan, vaksinasi massal di Medan menjadi lokasi keenam setelah lokasi lainnya. 

Adapun keterlibatan Halodoc ini menurut Jonathan, sebagai upaya memenuhi mimpi Halodoc menyederhanakan akses kesehatan untuk rakyat Indonesia, terutama di saat sekarang ini adalah bagaimana masyarakat bisa mudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. 

“Kalau kita lihat, drive thru ini adalah satu cara untuk memudahkan akses kesehatan itu (vaksinasi-red). Memang itu tujuan Halodoc ada dan kenapa kita lakukan semua ini,” kata Jonathan.  

Ditambahkannya, pihaknya menargetkan bisa terlibat program vaksinasi massal di 10 lokasi, dengan tidak tertutup kemungkinan bisa diikutsertakan dalam kegiatan vaksinasi massal bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan maupun Pemko. 

"Diharapkan dengan adanya vaksinasi ini bisa menurunkan peningkatan angka Covid-19. Bila kita perhatikan melalui data. Terbukti vaksinasi ini berhasil membuat angka penularan di masyarakat menurun," imbuhnya.

Sementara itu, Vice President Gojek Tengku Parvinanda mengatakan, keterlibatan pihak Gojek bermitra dan dipercayakan menyediakan pos drive thru untuk pelaksanaan vaksin massal tersebut.

"Berkaca dari pos vaksin massal yang ketiga kegiatannya vaksinasi massal dikunjungi langsung oleh Presiden Joko Widodo dan mengatakan konsep vaksin drive thru ini harus diperluas lagi di kota-kota lainnya. Jadi peran kita disini adalah kemitraan membuat pos-pos vaksinasi seperti drive thru ini," jelasnya.

Selain disaksikan langsung Wali Kota Bobby Nasution, vaksinasi hari pertama ini juga ditinjau langsung Kapolri Jendral Listyo Prabowo, Panglima TNI Mersekal Hadi Tjahjanto dan juga Gubernur Edy Rahmayadi. * (ika)