Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu 2000 Meter

Gunung Sinabung kembali erupsi, Kamis (6/5/2021). suaratani.com-ist

SuaraTani.com- Karo| Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) masih terus menunjukkan keaktifannya. Kamis (6/5/2021), gunung yang memiliki  ketinggian 2460 m ini kembali erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 2.000 meter atau 4.460 di atas permukaan laut.

Petugas Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra mengatakan, erupsi Sinabung terjadi sekitar pukul 11.19 WIB. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur.

"Erupsi yang kali ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 66 Mm dan durasi kurang lebih 5 menit 19 detik," kata Armen ketika dihubungi.

Hingga saat ini  Gunung Sinabung masih ditetapkan  status level III (Siaga). Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan diimbau tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

"Serta lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, juga radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 Km untuk sektor timur-utara," ujarnya.

Armen menambahkan, jika terjadi hujan abu akibat erupsi Gunung SInabung, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah. Hal ini untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik.

"Juga amankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," ucapnya.

Selain itu, bagi masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung, diimbau agar tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin. *(ika)