Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga CPO Pekan Ini Dibanderol Rp11.193 Per Kilogram

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) produksi Sumatera untuk satu pekan ke depan di banderol di levelRp11.193 per kilogram untuk ekspor dan pasar lokal. suaratani.com-dok
 

SuaraTani.com- Medan | Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) produksi Sumatera untuk satu pekan ke depan di banderol di level Rp11.193,99 per kg untuk ekspor dan pasar lokal.

Sedangkan untuk harga kernel di pasar lokal rata-rata di posisi Rp7.459,00 per kg, belum termasuk pajak pertambahan nilai (PPN), dengan faktor K sebesar 88,45 persen.

Angka ini berlaku selama tanggal 4 hingga 10 Mei 2021, berdasarkan hasil keputusan Rapat Kelompok Kerja Teknis Tim Perumus Harga TBS Kelapa Sawit Produksi Petani Sumatera Utara yang digelar di Aula Dinas Perkebunan Sumut, Selasa (4/5/2021).

Sementara itu, di Negeri Jiran Malaysia,  harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) mengalami pelemahan, usai reli dan tembus level psikologis RM 4.000/ton harga minyak sawit. Namun koreksi yang terjadi tipis saja.

Penurunan harga bisa disebabkan juga oleh para trader yang mengambil untung (profit taking) setelah harga minyak nabati unggulan ekspor Malaysia dan Indonesia ini reli.

Hingga sesi istirahat siang perdagangan hari ini, harga CPO pengiriman Juli di Bursa Malaysia Derivatif Exchange turun RM 17 atau 0,42% ke RM 4.044/ton.

Minggu ini harga CPO tak diperkirakan bakal naik karena minimnya katalis dan sentimen di pasar. Namun sebenarnya ada satu sentimen yang berpeluang mengerek naik harga minyak sayur ini lebih tinggi. *(putri)