Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Taput Serahkan Bantuan Hibah Rp800 Juta bagi 71 Rumah Ibadah

Bupati Taput Nikson Nababan menyerahkan bantuan hibah untuk pembenahan tempat ibadah. suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menyerahkan bantuan Hibah Pembangunan dan Rehabilitasi Sarana dan Prasarana Peribadatan Tahun 2021 secara simbolis kepada para pengurus rumah ibadah di Aula Martua Kantor Bupati Taput, Tarutung, Provinsi Sumatera Utara (Sumut),  Senin (14/6/2021).

Namun sebelumnya, Bupati yang didampingi Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat,  Staf Ahli Bupati Eliston Lumbantobing, Asisten Pemerintahan dan Kesra Parsaoran Hutagalung serta Kabag Kesra Josua Napitupulu menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Total bantuan yang diserahkan tersebut sebesar Rp800.000.000 yang diserahkan bagi 71 rumah ibadah yang terdiri dari 69 gereja dari 19 denominasi gereja dan 2 masjid.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Taput juga berpesan agar para tokoh agama serta para pengurus gereja dan masjid turut peran serta dalam percepatan pembangunan sebagai mitra pemerintah.

"Semoga bantuan hibah ini mampu meningkatkan pelayanan rohani bagi masyarakat Tapanuli Utara. Selain bantuan hibah ini, saya akan memberikan bantuan sebesar Rp500 ribu bagi setiap tempat ibadah sebagai modal beternak ayam maupun tanaman obat keluarga sebagai apotik hidup. Dan, bantuan ini merupakan pribadi saya,” jelas Nikson.

Dikatakan Bupati NIkson, upaya ini diharapkan dapat dikembangkan  pihak gereja dan masjid bersama para jemaat terutama muda-mudi. 

“Saya yakin kedepannya usaha ini akan semakin berkembang untuk membantu pendanaan rumah ibadah. Sekitaran tempat ibadah harus dimanfaatkan untuk berladang dan beternak, manfaatnya banyak dan sekaligus untuk pencapaian Visi, Taput sebagai Lumbung Pangan," ucap  Nikson.

Bupati juga mengatakan, masyarakat mempunyai kapasitas untuk membantu perwujudan percepatan pembangunan di Taput  termasuk dimasa pandemi sekarang. 

“Kita semua harus aktif untuk mengimbau jemaat agar selalu menerapkan protokol kesehatan, masyarakat juga  jangan bersalaman ataupun 'cipika-cipiki', hindari kerumunan dan jaga jarak serta rajin cuci tangan. Kita jangan bosan untuk selalu mengingatkan para warga, bahkan pada warta jemaat ini harus disampaikan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Nikson juga mengatakan,  saat ini pemerintah melakukan  percepatan pembangunan Taput,  salah satunya adalah berdirinya  universitas negeri yang memiliki jurusan-jurusan umum sehingga akan lebih banyak peminatnya. 

“Universitas negeri umum ini akan memberikan dampak  banyak bagi Tapanuli Raya khususnya Taput. Kita juga harus memaklumi adanya ketentuan moratorium yang menjadi kendala sehingga membutuhkan transformasi dari institut yang sudah ada,” kata Nikson.  

Sementara itu, penerima bantuan yang diwakili Ketua Pembangunan HKI Sigumbang Resort Siborong-borong dan Ketua Pembangunan Masjid Al Falah Sopo Raru Pangaribuan mengucapkan rasa syukur atas perhatian Bupati Taput akan pentingnya peningkatan pelayanan rohani. 

"Semoga Taput semakin maju di bawah kepemimpinan Bapak Nikson Nababan," ucap Ketua Pembangunan Masjid Al Falah Sopo Raru Pangaribuan, Kamsidi Tambunan. * (darwin nainggolan).