Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Angin Kencang, Masyarakat Diimbau Bijak Dalam Penggunaan Api

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Badan Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika  (BBMKG) Wilayah IMedan mengimbau masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk mewaspadai kondisi angin kencang. 

Berdasarkan hasil monitoring, kondisi dinamika atmosfer monsoon Barat Daya ( angin baratan) mulai menguat dengan kecepatan berkisar antara 10-30 knot. Massa udara yang melewati wilayah Sumut relatif kering dengan nilai kelembaban berkisar antara 40-90%. 

Hal ini disebabkan pertumbuhan awan tidak signifikan sehingga dalam seminggu kedepan, wilayah Sumatera diprediksi cerah berawan, dengan suhu udara rata-rata di wilayah Sumut diprediksi cukup panas. 

“Khususnya di wilayah dataran rendah, pantai dan perkotaan dengan suhu berkisar antara 26-36 C, sementara di wilayah pegunungan dan dataran tinggi berkisar antara 18-27 C,” demikian isi edaran prospek cuaca wilayah Sumut periode 19-25 Juli yang dikeluarkan BBMKG. 

Untuk itu, masyarakat diminta untuk mewaspadai angin kencang yang bersifat panas dan kering di wilayah Langkat, Karo, Medan, Deliserdang, Tapanuli Selatan, Padangsidimpuan, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara dan Padang Lawas Utara.

Masyarakat juga diminta untuk bijak dalam penggunaan api yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan, lahan dan pemukiman. Bagi yang tetap beraktivitas di luar ruangan agar menjaga kesehatan akibat kondisi yang panas dan kering. 

“Dan bagi pengendara diharapkan berhati-hati terhadap angin kencang yang dapat membahayakan dalam berkendara,” pesan BBMKG. 

BBMKG juga mengimbau masyarakat untuk memantau informasi kondisi cuaca yang dikeluarkan oleh BBMKG. *(ika)