Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Gambarkan Inflasi Sumut, BPS Sumut Tambah 3 Daerah untuk Laksanakan Survei Harga Konsumen

Kepala BPS Provinsi Sumut Syech Suhaimi saat diwawancarai di sela-sela workshop wartawan dki Thong Inn, Deliserdang, Selasa (28/9/2021).suaratani.com-ika 


SuaraTani.com – Deliserdang| Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menambah daftar daerah untuk survei harga konsumen untuk menghitung inflasi di Sumut. 

“Untuk kali ini,penambahan bukan lagi kota, tetapi sudah kabupaten,” ujar Kepala BPS Provinsi Sumut Syech Suhaimi dalam kegiatan Workshop Wartawan yang digelar di Thongs Inn, Selasa (28/9/2021). 

Syech menyebutkan, pada penambahan kali ini, ada 3 kabupaten yang akan mulai dilaksanakan SBH di akhir tahun 2021, yakni Kabupaten Deliserdang, Labuhanbatu dan juga Karo. 

“3 kabupaten ini dipilih karena dinilai mewakili daerah lain di sekitarnya,” sebut Syech. 

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Fungsi  Statistik Distribusi Dinar Butarbutar mengatakan, Kabupaten Deliserdang dipilih karena mewakili hampir semua sub sektor pertanian, sementara Kabupaten Labuhanbatu dipilih untuk mewakili perkebunan, baik perkebunan besar mau pun perkebunan rakyat. 

“Sedangkan Kabupaten Karo dipilih karena merupakan penghasil hortikultura,” sebut Dinar. 

Ditambahkan Dinar, ketiga kabupaten ini nantinya akan menggambarkan kondisi di pedesaan  sehingga nanti sampel dalam kuisoner tidak akan menggambarkan kondisi perkotaan.  Jadi 3 kabupaten ini kelak tidak akan menggambarkan inflasi di kabupaten itu.

“Karena mereka hanya menjadi sampel untuk menggambarkan inflasi Provinsi Sumut,” tambahnya. 

Saat ini ada 5 kota di Sumut yang masuk ke dalam daftar kota IHK di Sumut yang melaksanakan SBH, yakni Medan, Pematangsiantar,Sibolga,Padangsidimpuan dan Gunung Sitoli. *(ika)