Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Telur Turun, Omset di Tingkat Agen Berkurang 10%

Pedagang menyiapkan telur ayam yang siap untuk dijual. Sejak dua pekan terakhir, harga telur ayam turun cukup dalam.suaratani.com-dok

SuaraTani.com – Medan| Harga jual telur di Kota Medan sejak dua minggu terakhir mengalami penurunan yang cukup signifikan, dari yang biasa dijual di harga Rp42 ribu per 30 butir ke grosir menjadi dikisaran Rp33 ribu hingga Rp35 ribu per 30 butir. 

Salah satu agen telur, Andri Ginting mengatakan, sejauh ini belum diketahui apakah penurunan harga ini hanya dikarenakan membanjirnya pasokan atau disebabkan faktor lain. 

“Tetapi yang pasti kondisi ini mendorong banyak orang yang terjun ke bisnis ini dan menjual harga lebih murah. Jadi penjualan kami sedikit menurun,” ujar Andri saat dihubungi, Jumat (24/9/2021). 

Andri menyebutkan, kondisi harga telur saat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kondisi dua atau tiga tahun lalu. 

“Jadi sebenarnya ini bukan hal baru bagi kami, karena dulu harga telur itu paling tinggi dikisarar Rp35 ribu hingga Rp36 ribu per 30 butir. Itu pun hanya di hari besar keagamaan saja,” kata Andri yang sudah terjun ke bisnis telur sejak 6 tahun lalu. 

Andri menyebutkan,  kondisi ini menyebabkan penjualannya menurun 10%. Biasanya dalam seminggu, ia bisa menjual 200 ikat atau sekitar 60.000 butir telur.

“Untungnya memang aku belum sampai membuang karena telur busuk, soalnya aku pun ngurangin ngambil dari kandang,” pungkasnya. *(ika)