Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Jelang Kejuaran Terbuka, Karateka Kala Hitam Lakukan Gashuku

Para karateka Kala Hitam mengikuti latihan gabungan (gashuku)  di lapangan Perumahan Pondok Indah Recidence, Minggu   (26/9/2021). Latihan diikuti dojo-dojo  Namo Rambe,   Deli Tua,  Pondok Mansyur, Asam Kumbang, Sei Asahan, Zipur, Martubung,  Marelan, Binjai dan Cemara. suaratani.com - ist

SuaraTani.com – Medan| Menjelang  Kejuaraan  Open Karate  yang akan berlangsung  tanggal  24 Oktober 2021 di Kota Tangerang, Provinsi Banten, karateka Kala Hitam yang dipersiapkan untuk mengikuti  kejuaraan telah melaksanakan  training centre   di bawah asuhan Sensei Rudi Hartono dan Sensei Reza Iskandar.

Latihan gabungan (gashuku) yang dilakukan  di lapangan Perumahan Pondok Indah Recidence, Minggu, (26/9/2021) diikuti dojo-dojo  Namo Rambe,   Deli Tua,  Pondok Mansyur, Asam Kumbang, Sei Asahan, Zipur, Martubung,  Marelan, Binjai dan Cemara.

Hadir dan memberi materi  latihan yakni  Ketua Umum Karate Kala Hitam, Shihan Herman Susilo yang didampingi  Shihan Effendi Mercu dari Majelis Sabuk Hitam serta dari Dewan Pelatih Shihan M Sukamto dan Shihan Ruslan. 

Di hadapan  100-an karateka, Herman Susilo  memberi wejangan bahwa kejuaraan  terbuka karate ini menganut  Peraturan International Karate Organization Kyokushinkai-Kan (IKOK). 

“Artinya,  sistem  pertandingan pukul langsung (full body contact) yang membolehkan  karateka memukul  dan menendang  lawan hingga roboh,” kata Herman.

Karena sistem  full-contact, lanjut Herman,  kemenangan  pada bentuk nyata. Untuk itu  para karateka yang akan ikut bertanding  agar mempersiapkan  fisik  dan mental  secara  prima. 

“Besar harapan kami  para karateka bisa meraih prestasi lagi,” ujar Herman. 

Herman juga mengatakan,  Effendi Mercu  melatih teknik bertarung, serta melatih pukulan dan tendangan agar lawan bisa dikalahkan dengan cepat, sehingga  menghemat  stamina  untuk bertarung pada ronde-ronde berikutnya.

Sekretaris  Jenderal  Pengurus Besar (PB) Karate Kala Hitam, Sensei Aida Wahab menyampaikan bahwa pengiriman atlit sudah menjadi program dari PB Kala Hitam. Begitu juga UKT (Ujian Kenaikan Tingkat) dan latihan bersama seperti ini sudah dilaksanakan secara rutin.

Sementara Shihan Abdul Aziz, mengatakan bahwa atlit Kala Hitam yang akan ikut kejuaraan  6 karateka putra dan putri. 

“Kami  akan memberangkatkan  lebih awal agar para atlit dapat berorientasi  dan beradaptasi dengan lingkungan. Kami berharap para atlit bisa menunjukkan prestasi terbaik,” pungkas  Aziz. * (junita sianturi/ril)