Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Lantik Bupati- Wakil Bupati Labuhanbatu, Gubernur Edy Minta Maksimalkan Penyerapan APBD

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat melantik Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar sebagai bupati dan wakil bupati Labuhanbatu di Aula Tengku Rizal Nurdin rumah dinas gubernur Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (13/9/2021).suaratani.com- rahyu


SuaraTani.com - Medan| Polemik pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Labuhanbatu akhirnya selesai. Pasangan Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar akhirnya dilantik sebagai bupati dan wakil bupati. 

Pelantikan dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (13/9/2021). 

"Hampir satu tahun pelantikan ditunda, dengan menjalankan proses demokrasi. Tapi pada waktunya akhirnya dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu," ujar Edy. 

Pilkada Labuhanbatu memang berjalan cukup alot dengan dilakukannya tiga kali pemungutan suara, akibat saling gugat oleh pasangan calon ke Mahkamah Konstitusi. 

"Yang pastinya tidak tepat waktu sesuai diharakan karena ada prosea demokrasi yang harus diselesaikan sampai 3 kali," kata Edy. 

Untuk itu, kepada bupati dan wakil bupati yang dilantik Edy meminta untuk segera melakukan konsolidasi dengan para organisasi perangkat daerah (OPD) dalam mendongkrak APBD di Labuhanbatu. 

"Bagaimana mendongkrak APBD itu, sekarang 4 bulan adalah waktu yang singkat. Kita harapkan stakeholder yang ada di Labuhanbatu, bersinergi bersatu untuk membangun," harapnya. 

Sebab kata Edy, serapan anggaran di Kabupaten Labuhanbatu masih sangat rendah, baru 38,5%. Penyerapan anggaran ini harinya sudah diangka 60-70%. 

"Kalau kita lihat dari penyerapan daerah baru 38,5%, itu sangat jauh yg harusnya di september di 60-70%. Untuk itu kerja keras bupati saat ini bersama Forkompindanya harus segera," jelas mantan Pangkostrad itu. 

Kepada masyarakat di Labuhanbatu, Edy meminta agar bisa bekerjasama dengan pemerintah untuk menggali potensi yang sangat menjanjikan secara geografis dan demografinya. 

"Makanya bisa kita lihat pembangunan yg lalu- lalu berjalan dengan baik tapi di akhir-akhir ini perlu ada evaluasi untuk kesejahteraan rakyat. Untuk rakyat seluruhnya, bersatu padu percayakan pada pimpinannya. Pimpinan yang adil Insyaallah berkah rakyat sejahtera," pungkasnya. 


Perjalanan Sengketa Pilkada Labuhanbatu

Sengketa Pilkada Labuhanbatu merupakan yang terlama dan berakhir mengejutkan setelah pemungutan suara 9 Desember. Pasangan Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar peraih suara terbanyak kedua dengan Raihan 87,292 suara (36,85%) mengajukan gugatan ke MK. 

Pasangan ini kalah dari pasangan Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar yang meraih 88,130 suara (37,20%).

Setelah digugat Erik-Ellya, MK pada Senin (22/3/2021) kemudian memerintahkan KPU untuk melaksanakan PSU di 9 TPS karena telah terjadi pelanggaran pemilihan.

Pada PSU 24 April, dari 9 TPS yang menggelar PSU, Erik-Ellya yang diusung Partai Hanura, Nasdem, PDI-Perjuangan, dan PKB ini berhasil menang di 8 TPS. Pasangan Andi-Faizal, yang diusung Golkar hanya menang di 1 TPS.

Hasil dari PSU ini kemudian direkapitulasi oleh KPU Labuhanbatu bersama hasil dari 1052 TPS lainnya di Labuhanbatu. Hasilnya kemudian berbalik.

Rapat pleno rekapitulasi KPU Labuhanbatu yang digelar Selasa (27/4/2021) menetapkan perolehan lima pasangan calon pasangan nomor urut 2 Erik Atrada Ritonga-Ellya Rosa Siregar memperoleh 88.493 suara. Sementara pasangan nomor urut 3 Andi Suhaimi Dalimunthe-Faizal Amri Siregar memperoleh 88.183 suara.

Tak terima kalah, pada 29 April, Andi-Faizal menggugat hasil pelaksanan PSU dengan dalil telah terjadi pelanggaran pemilihan. Setelah serangkaian persidangan, lewat putusan sela MK memerintahkan KPU untuk kembali melaksanakan PSU di TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan.

Pada 19 Juni, PSU 2 TPS digelar. Keunggulan Erik-Ellya tetap tak tergoyahkan. Di 2 TPS ini, Erik-Ellya meraih 440 suara sementara Andi-Faizal memperoleh 410 suara. *(rahyu)