Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Setelah 35 Tahun, Akhirnya Jalan Tegal Sari - Dame Dolok Masihul Diaspal

Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi Wabup Adlin Umar Yusri Tambunan meresmikan Jalan Tegal Sari-Dame Kecamatan Dolok Masihul yang baru diaspal setelah rusak berat selama lebih dari 35 tahun.suaratani.com-rag  


SuaraTani.com – Sergai| Setelah puluhan tahun rusak, jalan sepanjang lebih kurang 1.700 meter yang terletak di Desa Tegal Sari Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdangbedagai (sergai)  akhirnya diaspal.

Salah seorang tokoh masyarakat di Desa Tegal Sari Kecamatan Dolok Masihul, Andi Mahlel mengaku bahwa jalan yang melintasi Desa Tegal Sari ini sudah lama rusak. Bahkan ia mengaku bahwa lebih dari 35 tahun jalanan ini rusak parah.

"Udah hampir 40 tahun saya rasa jalan ini rusak parah. Sudah berganti-ganti Bupati, berganti-ganti Kepala Desa tidak juga diaspal. Nah, baru inilah diaspal," ungkapnya saat peresmian jalan yang dihadiri Bupati Darma Wijaya, Rabu (13/10/2021).

Selain perbaikan jalan yang rusak, masyarakat juga telah mengajukan pembangunan bendungan di kawasan pertanian. Namun lagi-lagi, pengajuan yang sudah lama dilakukan, tak kunjung dibangun.

"Baru ini jugalah bendungan dibangun. Pembangunan 2 bendungan DAM di Desa Tegal Sari sangat penting karena 80% masyarakat Tegal Sari adalah petani, sehingga bendungan ini menjadi penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Bendungan ini akan menjamin ketersedian air di daerah persawahan ini," ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Desa Tegal Sari Kecamatan Dolok Masihul, Awaluddin Ahmad yang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Serdang Bedagai khususnya Bupati Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Tambunan.

"Saya mewakili seluruh masyarajat Desa Tegal Sari dan sekitarnya mengucapkan terimakasih yang sudah membangun jalan dan bendungan ini. Semoga bapak bupati dan wakil bupati selalu sukses dan sehat," harapnya.

Sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas jalan yang diaspal, acara syukuranpun digelar dengan mengundang Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan.

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya mengatakan peningkatan ruas jalan Tegal Sari - Dame Kecamatan Dolok Masihul Sepanjang 1.700 meter dengan lebar 4 meter ini menggunakan sumber dana APBD tahun anggaran 2021.

"Pembangunan jalan ini sesuai dengan janji kampanye saya. Saya ini petani, saya tau mana yang menjadi penting bagi petani. Jalan dan bendungan ini urat nadi petani, jadi saya perbaiki agar perekonomian kita membaik," jelasnya.

Iapun berharap agara masyarakat menjaga dan merawat jalan dan bendungan yang sudah dibangun.

"Kalau membangun itu gampang, yang sulit itu merawatnya. Saya harap masyarakat bantu kami merawat jalan dan bendungan ini. Pasang portal sehingga jalan kita ini minimal 10 tahun bertahan," ujarnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Adlin Tambunan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan melalui 5 M.

"Saat ini Sergai sudah level 1. Meski sudah level 1 kita tetap harus patuhi protokol kesehatan. Jadi bulan depan kita sudah zona hijau. Begitu juga vaksinasi, bapak ibu yang belum vaksin segera lapor ke Kades atau Camat, atau datang langsung ke Puskesmas," tandasnya.

Turut hadir Ketua BKPRMI Sergai Andi Ginting, Kadis PUPR Johan Sinaga, Kadis Pertanian Dedi Iskandar, Kepala Kesbangpol Kahar, Camat Dolok Masihul Gunawan Hasibuan, Kapolsek Dolok Masihul dan masyarakat. *(rag)