Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TPKAD Triwulan III Diharapkan Jadi Barometer Keberhasilan Pembangunan di Sergai

Wakil Bupati, Adlin Umar Yusri Tambunan berfoto bersama peserta rapat Program Kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Triwulan III Tahun 2021 dan Penentuan Program Unggulan TPAKD Tahun 2022 Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), digelar di Aula Sultan Serdang Kantor Bupati, Senin (4/10/2021).suaratani.com-rag


SuaraTani.com – Sergai| Rapat Program Kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Triwulan III Tahun 2021 dan Penentuan Program Unggulan TPAKD Tahun 2022 Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), digelar di Aula Sultan Serdang Kantor Bupati, Senin (4/10/2021). 

Bupati Sergai, Darma Wijaya, dalam kata sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati, Adlin Umar Yusri Tambunan, mengatakan TPKAD Kabupaten Sergai dibentuk sebagai forum koordinasi yang penting bagi pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dalam percepatan akses keuangan di Sergai. 

"Wujud suatu kabupaten dambaan masyarakat yang maju terus (mandiri, sejahtera dan Religius), dengan mendorong pertumbuhan ekonomi percepatan akses keuangan untuk masyarakat baik itu desa maupun kelurahan," ujarnya. 

Adlin menjelaskan, TPKAD Kabupaten Sergai sebelumnya telah melaksanakan program kerja yang ditentukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sampai triwulan II dinilai sangat baik dan perlu peningkatan agar tercapainya perekonomian yang lebih baik di masa pandemi Covid-19. 

Dalam Forum Group Discussion (FGD) bertema peningkatan efektivitas TPKAD dan coaching clinic pengopersian aplikasi pelaporan TPKAD (SiTPKAD) Tahun 2021, pada 29 September 2021 yang digelar OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Adlin Tambunan menyampaikan pelaksanaan diperlukan masukan dan laporan dari tiap-tiap OPD dalam laporan penyampaian triwulan III. 

"Laporan triwulan III diminta agar disampaikan pada 8 Oktober 2021 ke Bagian Perekonomian Setdakab Sergai, untuk dilaporkan OJK. TPAKD juga diminta menyampaikan program kerja kegiatan selama triwulan IV melalui SiTPKAD," sebutnya.

Wakil Bupati berharap laporan triwulan III  program kerja TPKAD Sergai nantinya, menjadi barometer keberhasilan perekonomian dan pembangunan di Sergai. Selain itu, membantu lapisan masyarakat yang menghadapi pandemi Covid-19. "Dari pertemuan ini bermanfaat dari upaya dalam percepatan akses keuangan daerah Sergai," ungkapnya. 

Kabag Perekonomian Sergai Rosdelimawati, memaparkan program unggulan program kerja TPKAD 2021 Kabupaten Sergai yaitu UKM Go Digital, UKM Naik Kelas, One Village One Agent, Satu Rekening Satu Pelajar dan Penguatan Kapasitas dan Kinerja TPAKD. 

Beberapa program kerja TPKAD 2021 Kabupaten Sergai antara lain, fasilitasi UMKM untuk pemasaran digital (E-Commerce), yang mana di triwulan III ini, pelatihan peningkatan SDM usaha mikro dalam memasarkan produk. 

"Kemudian, perluasan pembayaran digital (Qris) dan telah terjadi kerja sama dari tiga UMKM dengan penyedia layanan Qris," ungkapnya. 

Pada kegiatan Rapat Program Kerja TPAKD Triwulan III Tahun 2021, turut dihadiri OPD Kabupaten Sergai beserta jajarannya, perwakilan perbankan di Kabupaten Sergai. *(rag)