Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wabup Adlin Ingatkan Masyarakat Pentingnya Cuci Tangan dengan Sabun

Wakil Bupati (Wabup) Serdangbedagai (Sergai), Adlin Umar Yusri Tambunan mencontohkan cara mencuci tangan dengan sabun yang benar kepada seorang siswa SD di acara peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, di SD Negeri 1061871 / SMP Negeri 3 Satu Atap, Kecamatan Pegajahan, Rabu (13/10/2021).suaratani.com-rag

SuaraTani.com – Sergai| Wakil Bupati (Wabup) Serdangbedagai (Sergai), Adlin Umar Yusri Tambunan menghadiri kegiatan 1.000 Arti Dari AMPI Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia, di SD Negeri 1061871 / SMP Negeri 3 Satu Atap, Kecamatan Pegajahan, Rabu (13/10/2021). 

Wabub Adlin Tambunan dalam kata sambutannya mengatakan, peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun. Apalagi mencuci tangan salah satu yang paling diterapkan di masa pandemi Covid-19 saat ini. 

"Kebersihan tangan sama pentingnya dalam mencegah penyakit dan menjaga kesehatan. Di masa pandemi Covid-19, kami pemerintah Kabupaten Sergai memang selalu mengampanyekan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5 M, yang salah satunya adalah mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat," katanya. 

Penerapan PPKM dan patuh akan prokes 5 M lanjut Wabup Adlin, mampu membawa Kabupaten Sergai berada di zona kuning dan kini turun menjadi PPKM level 1. Ia pun mengajak AMPI Sumut khususnya AMPI Serdang Bedagai, untuk berpartisipasi mengampanyekan prokes. 

"Selama pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masa pandemi Covid-19 ini, kami pemerintah mensyaratkan sekolah harus menyediakan sarana tempat mencuci tangan. Kegiatan 1.000 Arti Dari AMPI Sumut ini tentunya kami harapkan di Sergai tidak hanya satu sekolah tetapi di semua sekolah di sini," ungkapnya. 

Wabup Adlin pun mengharapkan DPD AMPI dapat memberikan kontribusi nyata membantu pemerintah dalam membangun Kabupaten Serdang Bedagai. Komunikasi pemerintah dan organisasi masyarakat, harus tetap terjaga. 

Sementara itu, Ketua DPD AMPI Sumut, David Luter Lubis, mengatakan kegiatan di sekolah SD Negeri 1061871 merupakan yang kedua dari 1.000 sekolah yang akan digelar di seluruh Sumut. 

Hari Cuci Tangan Sedunia merupakan kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerja sama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan . 

Kegiatan dengan tema "Masa depan kita di tangan kita, mari beraksi untuk membuat cuci tangan pakai sabun nyata bagi semua" ini, diyakiini bisa mencegah virus atau kuman di sekitar. 

"Dengan mencuci tangan pakai sabun, saya yakin kita semua dalam mencegah virus-virus atau kuman yang ada di sekitar kita. 1.000 Arti ini semoga bisa membawa keoptimisan yang ada di Kabupaten Sergai. Karena optimis itu bukan hanya pola pikir tapi juga dengan perbuatan. Apa yang hari ini kita buat dapat melindungi kita dari terinfeksi virus yang ada di sekitar kita," ujarnya. 

Pada kegiatan itu, Wabup Adlin Tambunan juga ikut membubuhkan cap tangan sebagai tanda mendukung mengampanyekan mencuci tangan dengan sabun. 

Turut hadir pada acara itu, Camat Pegajahan, perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, kepala sekolah SD Negeri 1061871 / SMP Negeri 3 Satu Atap, Kecamatan Pegajahan. *(rag)