Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Peringati HGN, Yayasan SMK St Nahanson akan Buka Jurusan Tata Busana

Ketua Yayasan SMK St Nahanson Parapat menerima bunga dan suapan kue Hari Guru Nasional dari siswa, Kamis (25/11/2021). suaratani.com - darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI, seluruh guru, staf dan murid Yayasan SMK St Nahanson Parapat melaksanakan upacara  di lapangan sekolah setempat, di Kecamatan Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (25/11/2021).

Peringatan Hari Guru Nasional 2021 dan HUT PGRI  ke 76 tersebut dihadiri Ketua Yayasan SMK St Nahanson Parapat, Sabungan Parapat SE, SH  dan diikuti 30 guru serta 439 siswa siswi.

Berbagai acara dilaksanakan dalam memeriahkan HGN  tersebut seperti, pemberian bunga oleh siswa/i kepada semua guru, perlombaan kedisiplinan,  kerapian dan perlombaan lainnya.

“Kami atas nama penyelenggara pendidikan, menyampaikan dan mengucapkan selamat haru guru bagi seluruh guru di tanah air, secara khusus di Tapanuli Utara," kata Ketua Yayasan SMK St Nahanson Parapat, Sabungan Parapat yang juga Ketua Akper Pemkab Taput. 

Sabungan juga menyampaikan harapannya pada guru-guru untuk lebih berkreasi menyampaikan edukasi dimasa pandemi saat ini.

“Berharap bapak ibu guru supaya mencoba inovatif dan kreatif dalam situasi kondisi seperti keadaan sekarang ini, jangan pernah menyerah, walaupun pandemi Covid-19 masih ada, harus tetap mencari kreasi-kreasi yang baru yang bisa menyampaikan pembelajaran kepada anak didik kita," katanya.

Sabungan juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintahan atas perhatian dan  segala fasilitas yang diberikan. 

Sebelumnya, Kepala SMK St Nahanson Parapat, Drs Jasman sinaga mengatakan, sesuai dengan kebutuhan pasar, ada tiga yang akan dimasuki  para lulusan SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi dan untuk ketersediaannya sekitar 10%.

Yang kedua, usaha di dunia industri, yang artinya mereka akan membawakan kemampuan skillnya dari SMK menjadi tenaga pekerja di dunia usaha industri. Dan, yang ketiga adalah kemandirian, agar bisa buka usaha sendiri yang memaparkan kehidupan mereka.

Jasman mengatakan, Yayasan SMK St Nahanson Parapat mengisi dan membekali siswa-siswinya secara akademisi agar siswa siswinya siap memasuki ke jenjang perguruan tinggi maupun politeknik sesuai jurusan yang telah diampuh selama di SMK Nahanson.

"SMK Nahanson juga membekali siswa-siswi agar siap bekerja dan mendapatkan kompetensi keahlian sesuai jurusan mereka masing-masing. Kita sudah melaksanakan praktek kerja lapangan di bengkel-bengkel resmi guna membekali kemampuan murid kita. Begitu juga untuk teknik jaringan komputer, kita bermitra dengan usaha-usaha yang bergerak di bidang  perakitan dan pemograman komputer," jelasnya

Pada tahun ini, kata dia, siswa bernama Calvin MP Sinaga kelas XII, Tehnik Kendaraan Ringan Otomotif (TKR) mendapat juara harapan I pada lomba Apresiasi Kebangsaan Siswa Siswi Indonesia (AKSI) jenjang SMK tingkat Provinsi Sumut.

“Yayasan St Nahanson Parapat akan membuka dua jurusan baru yakni Tata Busana dan Teknik Sepeda Motor yang menjadikan SMK Nahason jadi SMK Idola juga favorit untuk peningkatan sumber daya manusia di wilayah Tapanuli Utara," ujar Jasman.* (darwin nainggolan)