Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pertamina akan Wajibkan Pengelola SPBU Sediakan Toilet Gratis

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurrahman.suaratani.com-dok


SuaraTani.com - Medan| PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan sudah menyampaikan pemberitahuan kepada pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk menyediakan toilet  gratis.   

"Ya, sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir kepada direksi Pertamina. Kita memberikan arahan kepada pihak SPBU, kita harapkan (toilet) gratis," sebut Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurrahman di Medan, Selasa (23/11/2021).

Taufikurrahman menjelaskan, arahan Erick Tohir  itu wajib diikuti oleh pengelola SPBU di wilayah kerja PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara yang menaungi wilayah kerja Sumatera Utara, Sumatera Barat, Aceh, Riau dan Kepulauan Riau.

"Akan kita tindak lanjut, sesuai dengan arahan pimpinan. Intinya, masih kita bicarakan. Bagaimana juga, kita usahakan seperti arahan pak Erick Tohir," jelas Taufikurrahman.

Taufikurrahman juga mengucapkan terima kasih atas masukan Menteri BUMN dan  masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik. 

“Toilet merupakan fasilitas yang disediakan untuk pengguna SPBU. Kami ingatkan kepada seluruh SPBU untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, tidak hanya BBM namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan  dan kenyamanannya,” tambahnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir dalam rekaman video yang diunggah di media sosial meminta kepada direksi Pertamina agar seluruh toilet di semua SPBU Pertamina yang dikelola langsung maupun dikerjasamakan dengan swasta bersifat gratis atau tidak dipungut biaya.

"Kepada direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis, karena kan sudah dapat (keuntungan) dari penjualan bensin, selain itu ada juga toko kelontongnya. Jadi masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun Instagram resminya @erickthohir.

Keluhan terkait toilet berbayar awalnya mencuat setelah diunggah di media sosial facebook pada Senin (15/11/2021).  Pemilik akun facebook mengeluhkan kutipan Rp2000 dari pengelola toilet yang menilai tindakan tersebut sudah merupakan bentuk pungutan liar. *(ika)