Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bobby Minta Lurah Maksimal Gunakan Dana Kelurahan untuk Tangani Banjir

Wali Kota Bobby Nasution saat diwawancarai seusai Rapat Kordinasi Perencanaan dan Penganggaran Dana Kelurahan yang digelar di Le Polonia Hotel, Rabu (8/12/2021).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Wali Kota Medan, Bobby Nasution menugaskan seluruh camat dan lurah di Kota Medan untuk dapat bekerja maksimal dalam penanganan atasi banjir yang masih terus terjadi setiap kali hujan deras melanda Kota Medan.

Saat memberikan arahan dan bimbingan pada Rapat Kordinasi Perencanaan dan Penganggaran Dana Kelurahan, Bobby meyebutkan peran dari kelurahan sangat besar.

"Anggaran dana kelurahan, harus sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kota Medan, salah satunya Medan bebas banjir," ucap Bobby pada rapat yang digelar di Le Polonia Hotel, Rabu (8/12/2021).

Bobby meminta jajaran Pemko Medan dapat memahami program-program prioritas Kota Medan. Bila sudah dipahami, realisasi dana kelurahan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan di masing-masing kelurahan.

"Cara kita menangani Covid, cara kita menangani ekonomi. Bagaimana kita menggunakan anggaran yang baik," kata Bobby.

Pada kesempatan itu, Bobby juga menyinggung soal serap anggaran dana kelurahan tahun ini, sangat minim. Dengan itu, ia mengungkapkan jangan sampai terulang kembali pada tahun 2022, mendatang. Bila tetap terjadi, akan dilakukan evaluasi terhadap Lurah tersebut.

"Realisasi dana kelurahan sangat minim kali dengan berbagai alasan. Target pengguna anggaran, sebagai nilai poin untuk menilai Lurah," kata Bobby.

Untuk melihat realisasi dan capai dari anggaran kelurahan yang sesuai dengan target, Bobby menjelaskan setiap triwulan harus disampaikan persentase capaian yang dilakukan Lurah di masing-masing wilayah kerjanya.

"Saya minta tolong ditargetkan untuk triwulan pertama, kedua dan ketiga. Harus ada presentase target," jelas Bobby.

Bobby juga meminta Lurah harus peka untuk mendengarkan keluhan dari masyarakat seperti banjir, drainase, kebersihan. Untuk mengatasi masalah itu. Bobby menyarankan lurah mengajak masyarakat untuk berkolaborasi bersama.

"Coba ajak masyarakat, tokoh-tokoh masyarakat, komunitas. Ajak mereka partisipasi," kata Bobby. *(ika)