Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sensus SP 2020 Lanjutan Mulai Dilaksanakan, BPS Minta Masyarakat Terima Petugas dengan Baik

Kepala BPS Provinsi Sumut, Nurul Hasanudin menyerahkan perlengkapan sensus berupa rompi dan kartu tanda pengenal kepada perwakilan petugas sensus penduduk 2020 lanjutan. Penyerahan dilakukan seusai Apel Siaga Pelaksanaan SP2020 Lanjutan, di halaman Kantor BPS Provinsi Sumut, Jumat (13/5/2022).suaratani.com-ika


SuaraTani.com – Medan| Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar Apel Siaga Pelaksanaan SP2020 Lanjutan, di halaman Kantor BPS Provinsi Sumut, Jumat (13/5/2022).

Kepala BPS Provinsi Sumut, Nurul Hasanudin, mengatakan,sensus yang akan dimulai 15 Mei hingga 30 Juni ini akan melibatkan  sebanyak 4.048 petugas yang merupakan masyarakat umum yang sudah dilatih. 

“Pelibatan masyarakat ini sebaga bentuk dukungan BPS kepada masyarakat, ditengah pandemi Covid, pekerjaan yang sulit, ada 4.000 an yang kita rekrut untuk bisa mendapatkan pendapatan untuk melaksanakan survei di lapangan,” ujar Nurul Hasanudin usai menjadi Pembina Apel Siaga. 

Disebutkannya, untuk SP 2020 lanjutan, pihaknya akan memilih 221 ribu rumah tangga yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sumut  sebagai sampel.

“Dan tidak ada kriteria khusus, karena kita memang lebih kepada bagaimana keterwakilan jumlah dan lokasi di blok sensus dan lokasi rumah tangga kita di SLSnya masing-masing. Jadi kita memang ingin mendapatkan estimasi secara random, secara statistik yang di situ kecukupan sampelnya mampu mengestimasi angka populasi kita,” sebutnya. 

Untuk SP 2020 lanjutan ini, BPS menurut Nurul menargetkan hasil sensus sudah bisa disampaikan ke publik atau masyarakat umum sudah bisa disampaikan di akhir tahun 2022.

“Kita harapkan nanti hasilnya bisa kita sampaikan dalam bentuk jumpa pers,” pungkasnya. *(ika)