Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Harga Cabai Merah di Kota Medan Naik Rp21.777 Per Kilogram

Pedagang menunggui dagangannya. Di hari ini harga cabai merah di Kota Medan naik Rp21.777 per kg.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Harga cabai merah di hari ini bergerak naik sangat signifikan. Di Kota Medan, harga cabai merah naik hingga Rp21.777 per kilogram (kg), sementara di Deliserdang harganya naik hingga Rp13.800.  Kenaikan ini jika dibandingkan harga di hari Kamis (18/8/2022).

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Utara (Sumut), Barita Sihite, mengatakan, berdasarkan pantauan petugas, harga rata-rata di kota Indek Harga Konsumen (IHK) naik Rp2.944 per kg, sementara di kota non IHK harga naik hingga Rp4.990 per kg.

“Kenaikan harga cabai merah ini masih disebabkan berkurangnya pasokan dari daerah sentra ke kota-kota utama di Sumut,” kata Barita di Medan, Jumat (19/8/2022).

Disebutkannya, harga tertinggi untuk komoditas cabai merah ada di Kota Medan yang mencapai Rp93.777 per kg, dan terendah ditemukan di Kabupaten Tapanuli Tengah yang tercatat sebesar Rp50.000 per kg.

“Sedangkan harga rata-rata di Kota IHK tercatat sebesar Rp76.882 per kg,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumut, Gunawan Benjamin, mengatakan, kenaikan harga cabai merah yang disebabkan terbatasnya pasokan dikarenakan aktivitas masyarakat khususnya petani yang terkonsentrasi merayakan HUT Kemerdekaan RI yang ke 77. Selain itu, hujan deras yang mengguyur sejak Rabu malam hingga Kamis juga turut mempengaruhi.

“Kondisi hujan tentunya membuat petani enggan turun ke ladang, yang pada akhirnya di akhir pekan ini stok menipis dan telah memicu kenaikan harga cabai merah yang nyaris mendekati Rp100.000 per kg. 

“Saya menilai sejauh ini harga cabai merah masih di atas keekonomiannya, tetapi masyarakat tidak perlu panic. Karena cuaca buruk kemarin memang memicu terjadinya musibah banjir di Kota Medan. Dan intensitas hujannya terbilang  tidak biasa, dan terjadi untuk waktu yang cukup lama. Sehingga dari sisi produksi terganggu termasuk juga jalur distribusi atau transportasinya,” katanya.

Dengan alasan ini, Gunawan menyakini harga cabai merah akan kembali berangsur turun di akhir pekan ini, bahkan harga akan kembali normal nantinya di pekan depan. 

“Harga cabai hingga tutup bulan agustus ini saya perkirakan berpeluang bergerak dalam rentang Rp50.000 hingga Rp70.000 per kg. Jadi harga yang sekarang ini memang menyusahkan, tapi jangan cemas, semua akan seperti sedia kala nantinya,” pungkasnya. *(ika)