Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BPS Sumut Hadirkan Pojok Statistik di USU

Kepala BPS Provinsi Sumut, Nurul Hasanudin, berfoto bersama dengan pimpinan USU usai peresmian Pojok Statistik, Rabu (25/1/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali menghadirkan Pojok Statistik di lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU).

Pojok Statistik yang resmi hadir di Gedung Perpustakaan, Rabu (25/1/2023) ini menggantikan Pojok Statistik yang sebelumnya ada di Fakultas Ekonomi.

Kepala BPS Sumut, Nurul Hasanudin, mengatakan, kehadiran Pojok Statistik di lingkungan kampus bertujuan untuk meningkatkan literasi data statistik melalui penyelenggaraan layanan dan promosi yang optimal khususnya untuk segmen akademisi. 

Dengan meningkatnya literasi data statistik, diharapkan pemanfaatan data statistik BPS akan ikut meningkat dan kesadaran statistik di lingkungan akademisi juga akan meningkat. Sehingga memperkuat Sistem Statistik Nasional (SSN). 

“Selain manfaat utama, Aksi Perubahan ini juga memberikan nilai manfaat bagi beberapa pihak, baik bagi internal BPS, maupun eksternal BPS,” tuturnya. 

Nurul Hasanudin menjelaskan Pojok Statistik ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara Badan Pusat Statistik dan Perguruan Tinggi. 

Sehingga dapat meningkatkan penyebarluasan informasi statistik serta meningkatkan kemampuan penggunaan dan pemanfaatan hasil statistik khususnya di lingkungan akademisi.

Apalagi menurut Hasanudin, mahasiswa merupakan segmentasi pengguna data terbesar yang melakukan transaksi konsultasi melalui portal Pelayanan Statistik Terpadu (PST). Selain itu, mahasiswa merupakan calon-calon pemimpinan dalam 10 tahun ke depan. 

“Dengan meningkatkan literasi data statistik di kalangan akademisi, maka diharapkan kesadaran dalam pemanfaatan statistik dalam penyusunan kebijakan akan menjadi kuat,” pungkasnya. *(ika)