Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tahun Baru Imlek, Harga Pangan Stabil

Pedagang menyiapkan pesanan pembeli. Di libur Tahun Baru Imlek, harga bahan pangan terpantau stabil.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Harga sejumlah kebutuhan pokok selama perayaan Imlek terpantau cukup stabil. Selain itu, aktifitas di pasar tradisional juga normal, tidak seperti perayaan Natal dan Tahun Baru ataupun Idul Fitri dimana aktivitas di pasar tradisional kerap tidak seimbang. 

Namun untuk perayaan imlek tahun ini, kondisi pasar tradisional secara keseluruhan masih terbilang padat baik pengunjung maupun pedagang. Meskipun beberapa pedagang yang merayakan Imlek lebih memilih untuk menutup lapak dagangannya.

Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, sejumlah harga kebutuhan pangan juga relatif stabil, dan tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan saat sebelum Imlek. 

“Kecuali untuk harga cabai merah pada hari ini, yang mengalami kenaikan sekitar Rp5 ribu per Kg nya. Namun kenaikan harga cabai merah tersebut lebih dikarenakan oleh pasokan dari petani yang mengalami penurunan,” sebut Gunawan di Medan, Senin (23/1/2023).

Gunawan menyebutkan, bertepatan pada hari Minggu kemarin sekaligus long weekend perayaan Imlek, petani di sejumlah sentra produksi tanaman cabai lebih memilih untuk beribadah. Dan ini biasa terjadi di awal pekan.

“Dan saya menilai bahwa kenaikan harga cabai ini hanya sementara. Sejauh ini, harga cabai merah ditransaksikan dikisaran Rp33 ribu hingga Rp38 ribu per kg di Kota Medan,” sebutnya.

Sementara untuk harga sayur sayuran dikatakan Gunawan juga sudah kembali normal, seperti harga sebelum kenaikan tajam pada bulan Desember kemarin. Harga cabai rawit ada dikisaran Rp40 ribuan per Kg, harga daging ayam masih stabil dikisaran Rp32 ribuan per Kg. Daging sapi juga terpantau stabil dikisaran Rp120 ribu hingga Rp130 ribuan per Kg, harga telur ayam dikisaran Rp28 ribuan per Kg.

Sementara itu untuk komoditas bawang merah stabil di level Rp31 ribuan per Kg dan bawang putih stabil dikisaran Rp22 ribuan per Kg. Minyak goreng curah juga stabil di angka Rp15 ribuan per Kg, harga gula pasir juga stabi dikisaran angka Rp14 ribu hingga Rp15 ribuan per Kg. Untuk harga beras juga belum berubah dalam rentang Rp9.750 hingga Rp13 ribuan per Kg.

Dari hasil pengamatan di lapangan khususnya dari sejumlah sentra produksi cabai wilayah Sumut, terjadi penurunan jumlah produksi seiring dengan tanaman yang sudah memasuki akhir siklus produksi. 

“Sehingga produksi cabai dari wilayah Karo dan sekitarnya berpeluang mengalami penurunan. Meski demikian, sejauh ini produksi dari wilayah takengon mengalami peningkatan yang signifikan,” pungkasnya.  *(ika)