Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mendag Zulkifli Hasan: Perwakilan Perdagangan RI di Luar Negeri Ujung Tombak Ekspor Indonesia

Mendag Zulkifli Hasan saat memberikan motivasi dan pengarahkan kepada perwakilan perdagangan RI di luar negeri yang dirangkaikan dengan Rapat Kerja yang digelar selama 2 hari di Bandar Lampung.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Lampung| Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan memotivasi para perwakilan perdagangan RI di luar negeri untuk bekerja semaksimal mungkin dalam meningkatkan ekspor  Indonesia. 

Terutama, karena para perwakilan perdagangan merupakan ujung tombak ekspor Indonesia. Mendag  Zulkifli  Hasan  meminta  kesungguhan  para  perwakilan  perdagangan untuk bekerja membela Merah Putih.

“Perwakilan perdagangan di luar negeri penting sekali karena merupakan ujung tombak ekspor Indonesia. Karena  bertugas di luar negeri mewakili Merah Putih, para perwakilan perdagangan harus berjuang setiap saat untuk Indonesia,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Sesi pengarahan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2023 yang digelar pada  Rabu—Kamis, 1—2  Maret  2023 di Bandar Lampung,  Provinsi Lampung.

Mendag Zulkifli Hasan menambahkan, para perwakilan perdagangan yang bertugas di pasar nontradisional harus mengembangkan dan meningkatkan penjajakan ke pasar-pasar ekspor tersebut.  Mendag  Zulkifli  Hasan  juga  menekankan  pentingnya  kesungguhan  dalam  menggarap pasar-pasar nontradisional seperti kawasan Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, dan Amerika Latin.

“Teman-teman yang bertugas di pasar-pasar nontradisional harus mengembangkan dan meningkatkan  kinerja menggarap pasar-pasar ini. Tidak terkecuali pasar ASEAN.  Saya ingatkan kepada ITPC agar  jangan seperti birokrat biasa, karena harus menjalankan fungsi pemasaran produk-produk Indonesia di luar negeri,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Selain itu, Mendag Zulkifli Hasan menekankan perlunya kreativitas para perwakilan perdagangan untuk   terus mempromosikan produk-produk Indonesia dengan melibatkan para pemangku kepentingan  di  luar  negeri. 

“Kolaborasi dan libatkan BUMN dan swasta dalam mempromosikan produk-produk  Indonesia  di  luar  negeri  dengan  memahami  situasi,  keadaan,  dan  manfaat  yang dapat diperoleh,” pungkas Mendag.

Pada kesempatan itu, Mendag menandatangani perjanjian kinerja bersama para perwakilan  perdagangan di luar negeri secara simbolis. 

Sejumlah perwakilan perdagangan di luar negeri yang mewakili sesi penandatanganan tersebut adalah  Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei Iqbal Shoffan Sofwan, Duta Besar RI untuk  Organisasi Perdagangan Dunia Dandy  Satria  Iswara,  Atase  Perdagangan  New  Delhi  Bona  Kusuma,  dan  Kepala  ITPC  Los  Angeles Aldila  Tjahjasari.  

Dalam perjanjian kinerja tersebut, keseluruh perwakilan perdagangan RI di luar negeri mendapat tugas menumbuhkan ekspor Indonesia ke negara akreditasi dengan target antara 3,7% dan 5,4%. *(jasmin)