Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Perangkat Daerah Kota Medan Paparkan Rencana Kerja dalam Musrenbang RKPD 2024

Pemko Medan menggelar Musrenbang RKPD tahun 2024 di Hotel Four Points, Selasa (14/3/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Perangkat daerah Pemerintah Kota Medan memaparkan dan menggelar diskusi kelompok tentang Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Medan Tahun 2024.

Kegiatan yang digelar di Hotel Four Points pada Selasa (14/3/2023) ini menjadi penanda dimulainya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Medan Tahun 2024.

Dalam Musrenbang RKPD Tahun 2024 yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), 12-16 Maret 2024 ini, para peserta antara lain dari seluruh perangkat daerah, badan, camat di lingkungan Pemko Medan ini dibagi menjadi 3 kelompok. 

Ketiganya yakni bidang pemerintahan dan pembangunan manusia, infrastruktur dan kewilayahan, serta perekonomian dan sumber daya alam.  

Sebelum pemaparan Rancangan RKPD Kota Medan Tahun 2024 oleh masing-masing perangkat daerah, ditampilkan tayangan video presentasi dari Kepala Bappeda Benny Iskandar. 

Dalam tayangan itu ditampilkan isu strategis yakni meliputi peningkatan kualitas layanan kesehatan dan pendidikan, layanan infrastruktur dasar perkotaan (jalan, drainase, sampah dan air minum), kemiskinan, pengangguran, dan permasalahan sosial. 

Selain itu, soal pengembangan ekonomi kreatif dan kesempatan kerja, keamanan dan ketertiban umum, penataan ruang, pengembangan wilayah dan penataan kawasan budaya dan The Kitchen of Asia, reformasi birokrasi, peningkatan pelayanan publik dan layanan teknologi informasi juga merupakan isu-isu strategis. 

Tampil pula dalam tayangan itu kegiatan strategis 2024. Untuk bidang sosial meliputi antara lain peningkatan pelayanan RSUD Pirngadi melalui rehabilitasi rumah sakit dan meningkatkan ketersediaan alat kesehatan menuju Medan Medical Tourism.

Revitalisasi sarana kesehatan dasar (puskesmas), lanjutan revitalisasi Lapangan Merdeka, dan optimalisasi pemanfaatan dana alokasi kelurahan mendukung penanganan stunting. 

Sedang untuk bidang ekonomi antara lain UMKM dan koperasi naik kelas dan peningkatan UMKM melalui Sakasanwira. 

Sedangkan bidang infrastruktur meliputi antara lain pembangunan folder/kolam retensi di Kompleks USU, Martubung, dan Kecamatan Medan Selayang, pembanguan dan peningkatan saluran drainase perkotaan dan lingkungan.

Pembangunan underpass dan overpass di 3 lokasi titik kemacetan, pembangunan Medan Islamic Center, dan Revitalisasi Kota Lama Kesawan. 

Setelah penayangan video pemaparan dari Kepala Bappeda ini dilakukan pemaparan dari perangkat-perangkat daerah tentang rancangan RKPD Tahun 2024. *(wulandari)