Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Sekda Taput Buka Musrenbang Forum Lintas Perangkat

Sekretaris Daerah Kabupaten Taput, Indra S. H. Simaremare, membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2023, Kamis 99.3/2023).suaratani.com-darwin nainggolan

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput),  Nikson Nababan,  diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Taput, Indra S. H. Simaremare, membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Forum Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2023.

Musrenbang yang digelar di Sopo Partungkoan Tarutung, Kamis (9/3/2023) mengambil  tema RKPD "Konsolidasi dan Sinergitas Perencanaan Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2024". 

Sekda Indra S.H Simaremare menjelaskan bahwa Forum lintas Perangkat Daerah yang dilaksanakan ini sangat penting dalam membahas usulan kecamatan dan mempertajam rencana kerja perangkat daerah. 

Disamping memenuhi tuntutan pendekatan pembangunan berdasarkan peraturan perundang-undangan, juga akan membuat perencanaan pembangunan semakin terarah, terukur, dengan memperkuat indikator kinerja setiap program/kegiatan.

Kemudian menetapkan target capaian yang jelas serta logis dan mampu dilaksanakan, baik pencapaian target tahunan maupun jangka menengah lima tahunan.

“Oleh sebab itu, seluruh Perangkat Daerah harus paham betul terkait isu-isu strategis yang dihadapi serta lebih obyektif dalam menentukan target kinerja yang akan dicapai dalam rencana kerja tahun 2024, Arah kebijakan pembangunan pada tahun 2024 yaitu difokuskan pada upaya pengoptimalan dan mensinergikan pencapaian Visi Dan Misi Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara,” ujar Sekda.

Sekda menyampaikan harapan Bupati Taput bahwa prioritas pembangunan Kabupaten Taput tahun 2024  diantaranya, pemantapan dan pemerataan infrastruktur,meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas jalan, meningkatkan akses masyarakat terhadap perumahan dan permukiman layak, meningkatkan pengelolaan sumber daya air, Meningkatkan sistem penanggulangan bencana yang responsif.

Pengembangan usaha ekonomi kerakyatan yaitu meningkatkan pertumbuhan umkm, peningkatan kontribusi PDRB sektor perdagangan, meningkatkan  nilai  investasi, meningkatkan kontribusi PDRB sektor industri pengolahan dan meningkatkan koperasi berkualitas.

Ketahanan pangan yang berkelanjutan yaitu meningkatkan produksi dan kualitas produk pertanian , menurunnya daerah rentan pangan, dan meningkatkan diversifikasi pangan serta pemerataan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan.

Meningkatkan pengembangan dan pengelolaan destinasi wisata dan meningkatkan capaian kinerja pembangunan  yaitu meningkatkan akuntabilitas kinerja, meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan,serta pengembangan riset dan meningkatkan inovasi perangkat daerah.

“Harus diperhitungkan capaian output dan outcomenya secara akurat. selain melakukan efesiensi dan efektivitas belanja dalam mengantisipasi keterbatasan penerimaan apbd, maka saya perlu tegaskan kepada seluruh perangkat daerah untuk mengambil langkah-langkah mendapatkan sumber pembiayaan pembangunan lain melalui apbd provinsi, apbn maupun menggalang dukungan dari CSR perusahaan,” tambah Sekda.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Taput, Rudi Nababan, yang turut hadir, berharap, Musrembang lintas perangkat daerah ini dimanfaatkan  dengan sebaik mungkin oleh seluruh stakeholder sebagai media konstruktif dan strategis dalam perencanaan daerah dan dalam rangka peningkatan keberhasilan pembangunan  Tapanuli utara kedepan.

"Kami juga berharap agar seluruh OPD terlibat aktif dan membangun komitmen yang positif dalam tiap tahapan proses perencanaan,sehingga program atau kegiatan hang disusun benar benar mampu menuntaskan berbagai kendala yang ada di masyarakat dan mampu mengakomodir segala usulan masyarakat secara efektif,cermat,terencana sehingga kebutuhan masyarakat dapat tercapai secara bertahap,sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di taput ini." Tambah rudi. *(darwin nainggolan)