Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bazar Night Market Kampus, Cara Kampus Dorong Mahasiswa Belajar Kewirausahaan

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengunjungi Bazar Night Market yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (2/6/2023).suaratani.com-ist

 SuaraTani.com – Palangka Raya| Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, mendukung upaya pengembangan kewirausahaan, khususnya bagi para mahasiswa.  

Dukungan ini ditunjukkan dengan menghadiri Bazar Night Market di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (2/6/2023).

“Acara Bazar Night Market ini memberikan pelatihan kepada mahasiswa cara menjadi entrepreneur. Mahasiswa dilatih mandiri, tidak hanya mencari kerja, tapi juga menciptakan peluang kerja. Ini namanya kewirausahaan," urai Mendag Zulkifli Hasan.

Rektor UMPR, HM Yusuf, mengatakan, sekitar 6.300 orang mengunjungi Bazar Night Market UMPR. 

"Dari jumlah tersebut, 5.000  orang  merupakan  mahasiswa  UMPR,  sedangkan lebih dari 1.000 orang adalah masyarakat sekitar.

“Ada 109 stan di bazar ini. Kita memberikan modal sebesar Rp250 ribu agar mereka bisa membuat produk makanan dan minuman untuk dipasarkan pada malam ini. Sistem penjualannya menggunakan voucer yang disediakan kampus," jelas Yusuf.

Bazar diikuti oleh mahasiswa dengan 109 stan usaha yang terdiri atas usaha mahasiswa sebanyak 86 stan. Mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebanyak 15 stan; serta sekolah mitra 8 stan. 

Berbagai jenis produk yang ditampilkan yaitu kuliner berupa makanan/minuman dan camilan kekinian, serta kerajinan lokal Kalimantan Tengah berupa aksesori gelang dan tas. 

Bazar ini adalah bentuk tindak lanjut dari perkuliahan kewirausahaan yang merupakan bagian dari implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).  *(jasmin)