Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bupati Taput Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di Tanah Lapang Atas Tangsi Tarutung, Kamis (1/6/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Taput| Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di Tanah Lapang Atas Tangsi Tarutung, Kamis (1/6/2023).

Upacara dihadiri oleh Sekda Kabupaten Tapanuli Utara Indra S.H. Simaremare. Hadir pula jajaran Forkopimda Kabupaten Taput dan para Kepala OPD Kabupaten Taput.

Pada peringatan tersebut, Bupati Taput Nikson Nababan membaca teks Pancasila yang ditirukan oleh seluruh peserta upacara.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Bupati Nikson Nababan, Presiden Joko Widodo  mengatakan, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia, hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. 

Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila tidak dapat digantikan dengan apapun juga baik masa dulu, sekarang dan masa yang akan datang.

Selanjutnya Jokowi mengatakan saat ini Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia.

Kedepan Indonesia akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085 yaitu menjadi bangsa yang memiliki Sumber Daya Manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia. 

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, tahun 2024  Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Untuk itu Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk Bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai. 

“Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana kondusif sebagai wujud pengalaman nilai-nilai Pancasila,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut Jokowi menyampaikan bahwa angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20%.

Untuk mengatasinya, Presiden Jokowi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia.

Hal ini merupakan kerja nyata pembumian Pancasila dan pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila.

Mengakhiri sambutannya Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk Bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian masyarakat. 

Setelah pelaksanaan Upacara tersebut, Bupati Taput, Forkopimda dan para Pimpinan OPD mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 yang disiarkan secara langsung dari Istana Merdeka Jakarta, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput. *(darwin nainggolan)