Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Delegasi Sumut ke Penas Diminta untuk Jaga Nama Baik Petani dan Nelayan Sumut

Kadis Ketapang TPH Sumut, Rajali memakaikan seragam delegasi Sumut saat memberangkatkan delegasi Sumut ke Penas di Padang, Rabu (7/6/2023).suaratani.com-ist

 SuaraTani.com – Medan| Delegasi Sumatera Utara (Sumut) ke Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan XVI di Kota Padang, 10-15 Juni 2023 diminta untuk menjaga nama baik petani dan nelayan Sumut.

Tak hanya itu, para utusan juga diminta untuk memanfaatkan Penas sebagai momen berbagi pengalaman dan pengetahuan agar mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga petani dan nelayan.

Permintaan ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut, Rajali , saat melepas keberangkaran rombongan secara simbolis di halaman kantor dinas, di Jalan AH Nasution Medan, Rabu (7/6/2023).

Ia mengemukakan, even nasional tersebut merupakan forum pertemuan petani dan nelayan sebagai wadah kegiatan belajar mengajar, bertukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan.

Sekaligus jejaring kerja sama antara petani dan nelayan, peneliti, penyuluh, pihak swasta dengan pemerintah sehingga dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

“Mohon ikuti setiap kegiatan dengan serius agar para petani dan nelayan yang menjadi peserta Penas bisa menyerap hal-hal yang baik untuk diterapkan di Sumatera Utara,” tuturnya didampingi Sekretaris Dinas, Lusyantini, Kepala Bidang Hortikultura, Lambok Turnip dan Kasubbag Umum,  Syarifuddin Siregar.

Sementara, Sub-Koordinator Penyelenggaraan Informasi Penyuluhan Bidang Penyuluhan Dinas Ketapang TPH Sumut, Gustina Roma Siregar, menjelaskan, delegasi Sumut dari berbagai kabupaten/kota  berjumlah 1.404 orang, terdiri atas 339 orang peninjau, 245 orang pendamping dan 820 orang peserta utama.

“Sebanyak 32 kabupaten/kota di Sumatera Utara ikut berpartisipasi mengirimkan perwakilannya untuk bergabung dalam delegasi Sumatera Utara dengan peserta terbanyak dari Kabupaten Mandailing Natal sebanyak 150 orang,” paparnya.

Nantinya, kata Gustina Roma, delegasi Sumut menempati pemondokan di kawasan Kelurahan Dadok Tunggul Hitam Kecamatan Koto Tengah dengan menyewa sebanyak 179 unit rumah penduduk dengan kapasitas 852 kamar.

“Pemondokan di Kelurahan Dadok Tunggul Hitam itu berjarak sekira 7 sampai 10 kilometer dari lokasi kegiatan Penas XVI di Landasan Udara Sutan Sjahrir Tabing,” urai Gustina Roma. *(ika)