Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Lakukan Patroli Jalur Pipa, Pertamina Patra Niaga Temukan 17 Jeriken berisikan Minyak Hasil Curian

Jeriken berisikan minyak curian diamankan petugas gabungan yang melakukan patroli jalur pipa, Sabtu (3/6/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Pertamina Patra Niaga bersinergi bersama aparat penegak hukum (APH) melaksanakan patroli area jalur pipa paluh laut dan darat di Bagan Deli, Medan Belawan, Kota Medan.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan, pihaknya telah melakukan kerjasama pengamanan jalur pipa BBM bersama APH yaitu Kepolisian dan TNI dengan melakukan patroli di area jalur pipa laut dan darat di Bagan Deli, Medan Belawan secara rutin. 

Kegiatan patroli gabungan Pertamina, TNI, Kepolisian  dilakukan Sabtu (3/6/2023, menindaklanjuti laporan masyarakat yang mendeskripsikan adanya illegal tapping di wilayah jalur pipa BBM Belawan.

"Setelah mendapat laporan dari warga, kami segera melakukan patroli di sekitar area tambak paluh, simpang Bagan dan Jalan Pulau Irian Lingkungan 11. Patroli berlangsung selama lebih kurang 3 jam," ujar Satria dalam keterangan tertulis, Selasa (6/6/2023).

Lebih lanjut dijelaskan Satria, saat melakukan penyisiran ke daerah pemukiman warga Bagan ditemukan barang bukti di salah satu rumah warga terduga penadah berupa 17 jeriken yang masing-masing berisi BBM sebanyak lebih kurang 30 liter dan 2 jeriken kosong. 

Kemudian, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut bersama APH melakukan penyisiran ke rumah terduga pelaku. 

"Selain APH, kami juga didampingi Kepala Lingkungan (Kepling) 15. Kami pun melakukan penyisiran ke rumah terduga pelaku dan ditemukan beberapa barang bukti," katanya.

Satria mengapresiasi laporan masyarakat terkait adanya illegal tapping ini, dan mengimbau serta meminta dukungan dari tokoh masyarakat dan pemerintah setempat untuk dapat memberikan edukasi kepada masyarakat terkait illegal tapping ini. 

“Jika sampai terjadi kebocoran pipa secara sengaja oleh oknum akan berakibat pada pencemaran lingkungan dan kegagalan operasi yang berdampak pada distribusi BBM bagi masyarakat,” pungkasnya. *(ika)