Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mendag Zulkifli Hasan: Kerja Sama, Kolaborasi, dan Keberpihakan Majukan Petani Indonesia

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan menghadiri Gerakan Tanam Kedelai yang dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus, Lampung, Jumat (2/6/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Lampung| Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan, kerja sama, kolaborasi, dan keberpihakan kepada petani menjadi kunci dalam memajukan petani Indonesia. 

Untuk itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian, serta pemerintah daerah bersinergi dalam meningkatkan kesejahteraan petani. 

Hal ini diungkapkan Mendag Zulkifli Hasan saat menghadiri "Gerakan Tanam Bersama  Kedelai"  di Kabupaten Tanggamus, Lampung, Jumat (2/6/2023).

"Tidak boleh separuh-separuh untuk kepentingan petani. Oleh karena itu, harus ada kerja sama dari semua instansi terkait. Ini baru permulaan. Kita harap 5-6 tahun mendatang akan terjadi perubahan kalau kita bareng-bareng,"ujar Mendag Zulkifli Hasan. 

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, petani Indonesia rajin dan pekerja keras. Untuk itu, pemerintah akan merumuskan agar kedelai petani dapat dibeli dengan harga yang menguntungkan. 

Pemerintah juga akan bekerja sama dengan instansi terkait untuk menyediakan bibit kedelai unggul agar hasilnya banyak.

"Petani jangan mikir lagi, tanam bibitnya bagus, dibeli dengan harga bagus, baru bisa berhasil," lanjut Mendag Zulkifli Hasan. 

Sementara Menteri Syahrul yang turut hadir pada kegiatan itu mengungkapkan, pemerintah pusat dan daerah secara bertahap menggairahkan pertanian kedelai di Indonesia. Ini untuk mengurangi ketergantungan kedelai impor.

"Pemerintah bersama Komisi IV dan Gubernur Lampung harus menjadi  bagian dari energi negara ini untuk kepentingan kedelai kedelai kita," tandas Menteri Syahrul. *(jasmin)