Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Tim SAR Berhasil Temukan Jenazah 2 Pelajar yang Tenggelam di Danau Toba

Tim SAR mengevakuasi jenazah 2 orang pelajar yang tenggelam di perairan Danau Toba, Minggu (18/6/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com - Taput| 2 orang pelajar tenggelam saat mandi di perairan Danau Toba, tepatnya di Lumban Pasir Desa Sibandang Kecamatan Muara Kabupaten Taput, Minggu (18 /6/ 2023) sekitar pukul 17.50 WIB.

Kedua korban yakni CEM (16) , warga Jalan Tuar Kelurahan Amplas kecamatan Medan Amplas Sumut dan ASS (17) ,warga Gajah Mati Desa Bukit Bintang Indah Kecamatan Lauser Propinsi Aceh.

Kedua korban yang masih punya hubungan keluarga ini datang ke Kabupaten Taput untuk mengunjungi pamannya.

Kapolres Taput, AKBP Johanson Sianturi, melalui Kasi Humas Ipda B. Gultom, SH, menjelaskan kronologis kejadian.

Kedua korban bersama RMS (14) dan CS(13) yang merupakan warga Desa Sibandang Kecamatan Muara Taput,  bersama-sama hendak mandi ke Danau Toba di daerah pulau Sibandang.

Setelah tiba di pinggir pantai,  korban CEM melompat ke danau Toba namun tidak bisa berenang.

"Akhirnya dia meronta-ronta di air minta tolong. Selanjutnya korban ASS berusaha menolong dengan memberikan satu tangannya dan satu tangan memegang pinggir kapal yang sedang parkir," ujar Gultom saat dikonfirmasi, Senin (19/6/2023).

Tetapi, korban ASS tidak sanggup menarik dengan 1 tangan lalu melompat ke danau Toba berusaha untuk menolong. Namun korban CEM memeluk korban AS sehingga  tidak bisa bergerak dan keduanya pun tenggelam

Setelah melihat keduanya sudah tidak muncul, kedua saksi pun melaporkan kepada warga sekitar untuk melakukan pencarian.

Warga sekitar bersama personel Polsek dan Koramil Muara pun turut melakukan pencarian namun tidak berhasil, lalu menghubungi tim SAR dari Parapat dan malam itu pun tiba serta melakukan pencarian hingga pukul 21.00 wib, namun tidak berhasil menemukan korban.

Pencarian kemudian dilanjutkan pada Senin pagi oleh masyarakat sekitar, Uspika Muara , BPBD Pemkab Taput serta tim SAR.

Sekitar pukul 8.30 WIB,  kedua korban berhasil ditemukan Tim SAR dengan keadaan sudah meninggal dunia.

"Saat ditemukan kedua korban saling berpelukan tidak jauh dari posisi pertama mereka hanyut di kedalaman Danau Toba diperkirakan 11 meter," sebut Gultom.*(darwin nainggolan)