Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Wamendag Dorong Mahasiswa Turut Kembangkan Sektor UMKM Nasional

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga berfoto bersama mahasiswa baru Universitas Esa Unggul usai memberikan kuliah umum pada Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2023, Kamis (14/9/2023).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Jakarta| Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, menegaskan, mahasiswa perlu turut serta dalam pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah  (UMKM) nasional. Diharapkan, dengan hadirnya mahasiswa, pengembangan sektor UMKM akan terakselerasi dengan baik.  

Hal tersebut disampaikan Wamendag Jerry pada kuliah umum dengan tema ‘Tantangan dan Peluang UMKM di Era Informasi’ di Universitas Esa Unggul, Jakarta, Kamis  (14/9/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Esa Unggul.

“Dengan turut mencoba merintis bisnis, bahkan dalam lingkup kecil, mahasiswa akan mendapat pemahaman serta tambahan keterampilan. Dengan begitu, akan menjadi kontribusi tersendiri terhadap pengembangan UMKM. Selain itu, tentu saja dukungan dapat diwujudkan dengan membeli dan menggunakan produk lokal,” jelas Wamendag Jerry.

Menurut Wamendag Jerry, masyarakat secara langsung merasakan manfaat dari keberadaan UMKM, baik sebagai pelaku maupun konsumen yang akhirnya mendapatkan produk berkualitas dengan harga terjangkau dan mudah diakses. 

"Semangat Bangga Buatan Indonesia bukan sekadar slogan, karena nyatanya semakin banyak masyakarat yang bangga menggunakan produk lokal buatan UMKM,” ujar Wamendag.

Wamendag Jerry mendorong para mahasiswa untuk fokus pada kemampuan dan kreativitas terlepas apapun jurusan  yang diambil, agar kelak dapat menghadirkan solusi sesuai konteks kebutuhan. 

“Jika ingin UMKM berkembang, yang harus dipikirkan bukan hanya nilai tambah produknya, tetapi juga strategi lain yang memudahkan konsumen dalam membeli produk tersebut,” tutup Wamendag Jerry. *(jasmin)