Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Awal Pekan, IHSG dan Rupiah Dibuka Menguat

Grafik pergerakan IHSG pada perdagangan Senin (12/2/2024).Di awal pekan, IHSG mampu bergerak di zona hijau.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, menilai, sejumlah agenda ekonomi penting membuat pelaku pasar kian pesimis bahwa akan ada pemangkasan bunga acuan The FED di bulan Maret mendatang. 

Hal ini setidaknya dikarenakan oleh sikap sejumlah pejabat The FED di akhir pekan kemarin yang lebih hati-hati dengan rencana penurunan bunga acuan.

Ditambah lagi data klaim pengangguran AS yang sedikit lebih rendah dari ekspektasi. Data tersebut kian memudarkan ekspektasi pasar. 

Sementara itu, China kembali merilis deflasi sebesar 0.8% secara tahunan pada bulan januari. Kondisi ini membuat pelaku pasar kian mengkhawatirkan kinerja perekonomian China, meskipun secara bulanan kemarin China merealisasikan inflasi sebesar 0.3%.

Minimnya sentimen pasar pada perdagangan hari ini, ditambah dengan kinerja bursa di Asia yang sempat mengalami tekanan di akhir pekan sebelumnya, mendorong peluang kemungkinan terjadinya tekanan pada pasar saham ditanah air pada hari ini. 

“Meski demikian, indeks harga saham gabungan (IHSG) di sesi pembukaan perdagangan pagi ditransaksikan menguat di level 7.268,” ujar Gunawan di Medan, Senin (12/2/2024).

Sementara itu, mata uang rupiah ditransaksikan menguat di level 15.610 per dolar AS dan harga emas ditransaksikan melemah di level US$2.023 per ons troy. 

“Kinerja pasar keuangan secara keseluruhan masih dibayang ketidakpastian yang bisa berujung pada volatilitas diluar ekspektasi pasar,” sebut Gunawan. 

Dalam sepekan kedepan ada banyak momen penting seperti Pemilu yang bisa saja membuat pasar bergerak dalam volatilitas yang tinggi.

Selain itu, ada juga data inflasi AS serta indeks kepercayaan konsumen tanah air yang juga akan dirilis. Sejumlah agenda ekonomi penting tersebut memberikan kekhwatiran yang besar terhadap kemungkinan pergerakan pasar yang bisa bergerak liar. *(ika)