Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Komisi XI Pantau Kinerja BI Kendalikan Inflasi di Kota Tangerang

Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik (Kunsfik) Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo saat pertemuan dengan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono beserta jajarannya di Kota Tangerang, Banten, Kamis (14/3/2024). suaratani - ist


SuaraTani.com - Tangerang| Komisi XI DPR RI ingin mendengarkan strategi Bank Indonesia (BI) bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) pada semester pertama tahun 2024. 

Hal itu lantaran inflasi kerap terjadi, khususnya pada bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri 1445 Hijriyah.

Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik (Kunsfik) Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo mengatakan, Komisi XI DPR RI mengharapkan berbagai strategi yang dilaksanakan BI bersama TPID. Mampu mewujudkan Inflasi yang rendah dan stabil.

Dengan tetap mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di Provinsi Banten maupun Kota Tangerang.

Andreas mengatakan itu saat pertemuan dengan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono beserta jajarannya di Kota Tangerang, Banten, Kamis (14/3/2024).

Ia menambahkan, tantangan dalam perekonomian saat ini terutama pada bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah adalah kenaikan inflasi pangan. 

BI yang salah satu kewenangannya adalah stabilisasi nilai rupiah tentu sangat relevan untuk berperan dalam menurunkan harga-harga yang merupakan aspirasi masyarakat.

"Upaya BI bersama TPID dalam mengendalikan inflasi sangat penting dalam menurunkan laju inflasi. Pengendalian inflasi tetap mengacu pada prinsip 4K. Yaitu ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, keterjangkauan harga dan komunikasi efektif," tandanya.

Sementara itu, Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono menjelaskan peran strategis BI di daerah sebagai strategic adviser Pemda dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Dan,  menjaga tekanan inflasi tetap stabil dan rendah.

"Tekanan inflasi Banten pada 2023 relatif terkendali di angka 3,06 persen (yoy) dan mereda dari catatan inflasi 2022 yaitu sebesar 5,08 persen (yoy). Adapun capaian tersebut meski lebih tinggi dari capaian nasional, masih dalam rentang sasaran sebesar 3+-1 (yoy)," jelas Doni.

Sedangkan upaya BI menjaga inflasi tetap terkendali pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri 1445 Hijriah. Antara lain, mengintensifkan sinergi pengawasan bersama Satgas Pangan Kota Tangerang dan aparat penegak hukum.

Untuk monitoring kenaikan harga pangan yang tidak wajar di pasar tradisional dan modern serta mitigasi gangguan distribusi dari sentra produksi ke Banten.

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI dipimpin Andreas Eddy Susetyo (F-PDIP), diikuti Anggota Komisi XI DPR RI.

Antara lain I Gusti Agung Rai Wirajaya, Indah Kurnia, Masinton Pasaribu, Marinus Gea (FPDI-P), Melchias Markus Mekeng, Mukhamad Misbakhun.

Puteri Anetta Komarudin (F-Golkar), Zulfikar Arse Sadikin, Fauzi H Amro (F-Gerindra), Bertu Merlas, Farida Hidayati (F-PKB).

Vera Febyanthy, Didi Irawadi Syamsuddin (F-Demokrat), Hidayatullah (F-PKS), Achmad Hafisz Tohir dan Primus Yustisio (F-PAN).

Dari mitra kerja Komisi XI DPR RI hadir antara lain Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono, Kepala Departemen Regional BI, Marlison Hakim. 

Kepala Departemen Regional BI, Arief Hartawan, Kepala Grup Departemen Komunikasi, Nita A. Muelgini, Kepala Grup.

Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter, Tri Yanuarti, dan Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten, Ameriza Ma'ruf Moesa. * (jasmin)