Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Kunjungi PLTU Pangkalan Susu, Faisal Hasrimy Tertarik Inovasi Pengolahan Limbah

Pj Bupati Langkat, Faisal Hasrimy, berfoto bersama managemen  PLTU Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Pangkalan Susu, saat melakukan kunjungan, Kamis  (29/2/2024).suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Langkat| Pj Bupati Langkat, Faisal Hasrimy, mengunjungi PLTU Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Pangkalan Susu, Kamis  (29/2/2024). 

Kunjungan ini untuk melihat langsung inovasi yang dilakukan PLTU Pangkalan Susu untuk memanfatkan limbah Fly Ash Bottom Ash (FABA) sebagai bahan pembuatan batu bata. 

Senior Manager PLTU P. Susu, Yusrizal Zainuddin, menjelaskan, FABA  dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengganti pasir dan semen dalam pembuatan batu bata maupun sebagai bahan pembuatan jalan beton, dan lainnya. 

"Ini akan menguntungkan dari segi ekonomi dan berdampak baik dalam mengurangi limbah jika dilihat dari sisi lingkungan," ucapnya.

Yusrizal Zainuddin menjelaskan, misalkan  anggaran Rp200 jt bisa menyelesaikan 200 meter jalan beton, dengan menggunakan FABA bisa menyelesaikan 400 meter jalan beton. 

Pj Bupati Langkat, Faisal Hasrimy, mengapresiasi inovasi  tersebut  dan mendorong kepala OPD terkait untuk secepatnya menjalin kerjasama dengan PLTU Pangkalan Susu. Selanjutnya menyusun komposisi yang tepat dan pengujian langsung bahan tersebut. 

"Secepatnya kita laksanakan, disatu sisi kita mengurangi dampak buruk limbah terhadap kesehatan  masyarakat, disisi lain kita juga membantu perekonomian masyarakat," ucap Faisal.

Faisal Hasrimy juga mengutarakan  keinginannya  untuk  mengembalikan kejayaan Pangkalan Susu . 

Melalui pemanfaatan limbah FABA, dia berharap  akan muncul upaya pemberdayaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, CSR perusahaan, yang akhirnya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. 

"Ini bisa menjadi sebuah sinerji yang sangat baik antara pemerintah Kabupaten Langkat dengan PLTU UBP Pangkalan Susu, " pungkasnya. *(ika)