Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Ops...Ribuan Pasangan di Langkat Perkawinannya Tidak Tercatat

Pj Bupati Langkat, HM Faisal Hasrimy, menerima audiensi Ketua Pengadilan Agama Stabat, di Ruang Kerja Kantor Bupati Langkat, Rabu (13/3/2024). suaratani - ist

SuaraTani.com - Stabat| Pj Bupati Langkat, HM Faisal Hasrimy, menerima audiensi Ketua Pengadilan Agama Stabat, di Ruang Kerja Kantor Bupati Langkat, Rabu (13/3/2024). 

Dalam audiensi tersebut, terungkap ada ribuan pasangan di Kabupaten Langkat yang menikah secara siri atau belum melaksanakan nikah secara sah tercatat oleh negara. 

Karena itu, Pengadilan Agama (PA) Stabat akan bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Langkat.

Untuk melaksanakan pelayanan terpadu sidang isbat nikah, penerbitan buku nikah, kartu keluarga dan akta kelahiran untuk perkawinan tidak tercatat di masyarakat Langkat.

Ketua PA Stabat, Evawaty, SAg, MH, mengatakan persyaratan kerja sama sudah dipersiapkan, tinggal menunggu persetujuan dari Pj Bupati Langkat. 

"Kami akan membuat  MoU antara Pengadilan Agama Stabat, Dinas Dukcapil dan Kemenag Kabupaten Langkat. Semua berkas sudah kami persiapkan, tinggal menunggu persetujuan dari Bapak Pj Bupati," kata Evawaty.

Dalam kerja sama ini, jelas Evawaty, Pengadilan Agama Stabat sebagai pelaksana sidang isbat nikah. Selanjutnya, Kantor Kemag Langkat sebagai pemberi buku nikah sah.

Sementara Dinas Dukcatpil mengeluarkan akta kelahiran dan Kartu Keluarga sebagai bukti admistrasi. 

Ditambahkannya, untuk masyarakat yang mengikuti pelayanan isbat nikah dikenakan biaya mandiri sebesar Rp420.000, berlaku untuk seluruh wilayah Kabupaten Langkat. 

Kadis Dukcapil Langkat, Faizal Rizal Matondang, menjelaskan kerja sama ini dilakukan karena ada ribuan pasangan di Kabupaten Langkat belum menikah secara sah tercatat oleh negara.

 "Sehingga kami punya inisiatif untuk meringankan beban mereka, baik dari ekonomi maupun administrasi agar mereka tercatat oleh negara," ucapnya.

Pj Bupati Langkat, HM. Faisal Hasrimy, menyambut baik kerja sama tersebut dapat terlaksana secepatnya. 

 "Harapan saya ini bisa menekan angka perceraian yang secara otomatis akan menekan angka kemiskinan dan stunting," kata Faisal sembari berjanji akan minta Kecamatan untuk mensosialisasikan program tersebut.* (junita sianturi)