Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pasar Keuangan Ditutup Mendatar, Harga Emas Dekati US$2.050 Per Ons Troy

Grafik pergerakan IHSG. Pada perdagangan hari ini, IHSG ditutup di zona merah.suaratani.com-ist

SuaraTani.com – Medan| Setelah seharian bergerak sideways tanpa arah yang jelas, indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhirnya ditutup turun tipis 0.06% di level 7.311,90. 

Analis keuangan Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, menyebutkan, pada perdagangan akhir pekan ini, asing membukukan transaksi beli bersih senilai Rp391 miliar. 

“IHSG yang melemah di akhir pekan ini, geraknya sedikit berbeda dibandingkan dengan kinerja sejumlah bursa di Asia yang justru banyak ditutup di zona hijau,” kata Gunawan di Medan, Jumat (1/3/2024).

Sementara itu, mata uang rupiah selama sesi perdagangan akhir pekan terpantau berada di zona positif. Rupiah mampu menguat di level 15.695 per dolar AS. 

Sejumlah agenda ekonomi penting seperti rilis data inflasi AS yang sesuai dengan ekspektasi, data manufaktur China yang masih terkontraksi, ditambah rilis data inflasi di tanah air, disebutkan Gunawan tidak memberikan banyak perubahan pada kinerja pasar keuangan.

Inflasi di tanah air yang meralisasikan angka 2.75% secara tahunan pada Februari, atau sebesar 0.37% secara bulanan nyatanya tidak memberikan tekanan besar bagi pasar. 

Realisasi inflasi di Februari lebih tinggi dibandingkan dengan ekspektasi sebelumnya dikisaran 2.6% YOY. 

“Kinerja inflasi tanah air yang memburuk belakangan ini tidak terlepas dari kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok seperti cabai dan beras,” sebutnya.

Di sisi lain, harga emas terpantau sedikit mengalami penguatan di level US$2.048 per ons troy. Sentimen penguatan harga emas dating dari rilis data inflasi AS yang sesuai dengan harapan pasar. Sejauh ini harga emas masih berkutat di kisaran 1 juta per gram. *(ika)